Lawan Gibran di PDIP Klaim Kantongi Dukungan dari PAN

CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 01:44 WIB
Lawan Gibran di PDIP Klaim Kantongi Dukungan dari PAN Achmad Purnomo mengaku mengantongi dukungan PAN di Pilkada Solo. Klaim disampaikan saat ia disebut bersaing dengan Gibran Rakabuming untuk dapat dukungan PDIP. (Detikcom/Bayu Ardi Isnanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, mengklaim mengantongi dukungan dari PAN untuk maju dalam Pilkada Solo. Klaim disampaikan saat ia disebut-sebut bersaing dengan putra Joko Widodo, Gibran Rakabuming, untuk mendapatkan dukungan dari PDIP.

"Ketua DPD PAN Solo, Achmad Sapari, sudah menyampaikan dukungannya untuk pasangan Purnomo - Teguh (Prakosa)," kata Purnomo saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/1).

Namun, Purnomo mengatakan bahwa dukungan itu belum disampaikan secara formal. Menurutnya, dukungan itu baru disampaikan di sejumlah acara, salah satunya saat Purnomo menghadiri acara reses yang digelar Sapari beberapa bulan lalu.
Purnomo juga mengatakan komunikasi antara PDIP dan PAN sudah dilakukan secara non-formal di pengurus partai tingkat kota.


"Masalah proses di partai mereka sampai mana, saya tidak tahu. Itu bukan wewenang saya," katanya.

Dalam karier politiknya, Purnomo memang pernah diusung PAN menjadi Calon Wali Kota Solo dalam Pilkada 2005 melawan Jokowi. Namun, pria yang pernah menjadi dosen di UGM itu menegaskan dirinya tidak pernah terdaftar sebagai kader PAN.

Di tahun 2012, ia mendaftar sebagai kader PDIP sebagai syarat untuk menggantikan Wakil Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Rudy sendiri menduduki jabatan wali kota yang kosong setelah Jokowi dilantik menjadi Gubernur Jakarta.

"Dulu kan tidak seperti sekarang. Tidak harus jadi kader. Tapi saya sekarang sudah delapan tahun lebih jadi kader PDIP," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, Sapari mengakui partainya telah menjalin komunikasi politik dengan Purnomo. PAN berpeluang besar mendukung pasangan Purnomo-Teguh di Pemilihan Wali Kota Solo 2020.

"Kita memang sudah komunikasi dengan Pak Pur, tapi Ini kan masih wait and see. PDIP sendiri juga belum menentukan calonnya, kan?" katanya. (ros/has)