Lulung Bela Anies: 'Gak Betah di Jakarta? Udah Pergi'

CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 16:48 WIB
Lulung Bela Anies: 'Gak Betah di Jakarta? Udah Pergi' Aksi Jakarta Bergerak. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota DPR RI sekaligus Ketua Badan Musyawarah Betawi, Abraham Lunggana alias Lulung mendatangi Balai Kota DKI Jakarta untuk memantau jalannya demo, Selasa (14/1).

Demo diketahui terbagi menjadi dua kelompok. Pertama, demo yang mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan yang kedua yakni demo yang memprotes Anies karena banjir di Jakarta.

Usai bertemu dengan Satpol PP dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Lulung mengaku datang hanya untuk memantau jalannya demo.


"Saya cuma nonton aja. Saya mau tanya konsepnya apa sih gitu. Apa sih yang menjadi kegelisahan dia. Kalau dia gelisah terhadap Anies, terhadap pembangunan, terhadap kinerja anies, ya cukup audiensi aja jangan demo-demo," kata Lulung di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/1).

Lulung mengaku ingin melihat dan mendengar penjelasan bagi yang memprotes Anies soal Jakarta. Ia meminta mereka yang memprotes memiliki konsep dan ide untuk membantu Anies dalam menangani banjir Ibu Kota.
Pantau Demo Balai Kota, Lulung Bela Anies soal BanjirAnggota DPR Fraksi PAN Abraham Lunggana. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Menurut Lulung banjir Jakarta 1 Januari lalu adalah murni keadaan alam dengan curah yang tinggi.

"Apa sih sebenernya yang elu inginin apa? Lu enggak betah tinggal di Jakarta? Udah pergi. Intensitas hujan saat itu hasil BMKG jelas adalah putaran 100 tahun dan terjadi banjir juga di Jakarta," ungkap dia.

Mantan anggota DPRD DKI Jakarta ini juga meminta masyarakat cerdas dalam melihat permasalahan. Ia menilai protes yang dituangkan ke Anies adalah bagian dari politis dan bukan permasalahan perkotaan.

"Ini bukan semata-mata kesalahan Anies. Bukan. Ini ada nuansa politis dan teman-teman lihat ini gak fair. Kalau memang fair, audiensi saja, kasih buku pintarnya ke Anies apalagi ini ada pernah hasil tesis dia sampaikan aja ke kita," tegas Lulung.
[Gambas:Video CNN]
Lulung memastikan diri akan konsisten membela Anies. Ia meminta agar semua pihak tak membandingkan Anies dengan gubernur lainnya. Terlebih, menurutnya, Anies adalah gubernur yang mumpuni dan sudah mampu membawa Jakarta dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Saya memang selama ini dukung Anies, ketika konsisten dukung Anies, sampai pada massa baktinya," tutup dia.

Sebelumnya,mMassa yang mengatasnamakan 'Jakarta Bergerak' mulai berdatangan ke Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/1) siang. Mereka menggelar demonstrasi terkait kinerja Gubernur Anies Baswedan selama beberapa tahun ini. Tak hanya Jakarta Bergerak, Anies juga kedatangan massa pendukung dari kelompok Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar). (ctr/ain)