Wakil Prabowo Minta Audit Lapkeu Asabri Segera Selesai

CNN Indonesia | Jumat, 17/01/2020 22:50 WIB
Wakil Prabowo Minta Audit Lapkeu Asabri Segera Selesai Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono. CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono meminta agar audit laporan keuangan PT Asabri (Persero) bisa segera selesai. Saat ini, ia mengatakan audit sudah dilakukan.

"Ini lagi diaudit, sedang berlangsung. Secepatnya, lebih cepat, lebih bagus (untuk selesai)," kata Wahyu di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (16/1). 

Kendati begitu, ia irit bicara soal pihak yang tengah melakukan audit tersebut. Ia tidak mengungkapnya, meski audit laporan keuangan perusahaan pelat merah biasa dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).


Persoalan dugaan masalah Asabri menjadi pembicaraan lagi setelah disinggung Menko Polhukam Mahfud MD kala membahas soal kasus Jiwasraya. Ia menduga ada korupsi di tubuh perusahaan asuransi sosial itu.

Bahkan, menurutnya, nominal korupsi yang ada di perusahaan itu bernilai hampir Rp10 triliun. Angka ini, katanya, tak kalah besar dari masalah keuangan yang menimpa PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan nilai kerugian mencapai Rp10,4 triliun.

Lebih lanjut, Asabri juga diduga mengalami masalah keuangan karena ada salah penempatan investasi pada saham-saham 'gorengan', sehingga portofolio investasi perusahaan anjlok. Masalah ini sejatinya juga sama dengan apa yang dialami oleh Jiwasraya.

Bersamaan dengan kasus di Asabri, Jokowi pun meminta Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk segera menyelesaikannya.

"Sudah saya sampaikan, yang paling penting Menteri BUMN, OJK, Menteri Keuangan, nanti akan menyelesaikan masalah bisnis ekonominya," ujar Jokowi. 

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan berbagai langkah pembenahan masalah sejatinya sudah didiskusikan dengan Erick Thohir. Rencananya, keduanya akan pelan-pelan mengimplementasikan berbagai jurus penyelamatan yang sudah dipaparkan Erick ke publik.

"Kami akan terus, Pak Menteri BUMN akan terus menyiapkan langkah-langkah, nanti akan terus dimatangkan. Ya, kami akan berkoordinasi," ucap Sri Mulyani.

[Gambas:Video CNN]
Kendati begitu, Direktur Utama Asabri Sonny Widjaja membantah tudingan korupsi yang dialamatkan kepada perusahaan asuransi khusus prajurit TNI dan Polri tersebut. Ia menegaskan akan menempuh jalur hukum menuntut pihak-pihak yang mengakibatkan kegaduhan.

"Kepada pihak-pihak yang berbicara tentang Asabri, harap menggunakan data dan fakta yang sudah terverifikasi. Hentikan pendapat, pembicaraan yang tendensius, negatif, dan mengakibatkan kegaduhan. Saya akan menempuh jalur hukum jika masih dilakukan," tutur Sonny.

Ia menyiratkan bahwa kondisi keuangan Asabri saat ini sehat. "Saya menjamin bahwa uang peserta yang dikelola di Asabri tidak hilang dan tidak dikorupsi," katanya.

(uli/kid)