Jasa Raharja Percepat Klaim Santunan Kurang dari 2 Hari

Advertorial, CNN Indonesia | Jumat, 17/01/2020 00:00 WIB
Jasa Raharja Percepat Klaim Santunan Kurang dari 2 Hari Foto: dok. Jasa Raharja
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Jasa Raharja (Persero) saat ini genap berusia 59 tahun.Ini merupakan sebuah pencapaian waktu yang cukup panjang dalam melayani negeri ini.Khususnya dalam hal memberikan perlindungan kepada masyarakat yakni dalam bentuk menyantuni korban kecelakaan angkutan penumpang umum dan korban kecelakaan lalu lintas jalan.

Jasa Raharja dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang tengah berduka mengalami musibah kecelakaan, bukan sekedar memberikan santunan yang sifatnya material. Oleh karena itu, dari tahun ke tahun membenahi diri adalah bagian dari fokus utama Jasa Raharja agar pelayanankepadamasyarakatterusberkembangkearahyangpositifdandapat memenuhi keinginan dan kebutuhan masyakat di era digital saatini.

Direktur Operasional PT Jasa Raharja (Persero), Amos Sampetoding menerangkanbahwakemajuaneradigitalsaatinimenjadisebuahpeluangbagi Jasa Raharja untuk melakukan transformasi pelayanan berbasis digital, antara lain:
  1.   Integrasi sistem dengan stakeholder
  2.    Data korban kecelakaan online dengan integrasi sistem dengan rumah sakit & BPJSKesehatan.
  3.    Data kecelakaan online dengan integrasi sistem RSAISKorlantas.
  4.    Data kependudukan online dengan integrasi sistem Dukcapil Kemendagri.
  5.   Kemudahan akses bagimasyarakat
  6.    Data pengajuan santunan online melalui aplikasi mobileJRku.
  7.    Data pengajuan santunan online melalui website Jasa Raharja, call center 1500020, SMS center0812-10-500-500.
  8.    Aplikasi Lapor JR bagi rumah sakit nonproviderBPJS.
  9.   PenyelesaianSantunan
  10.    Penyerahan santunan tanpa kendala hari libur, melalui Cash Management System Perbankan.
  11.    Pembayaran cashless secara overbooking ke rumahsakit.
  12.   Feedback KualitasPelayanan
Pengukuran kepuasan pelanggan melalui aplikasi kuisioner pelayanan online.


"Tahun 2020 ini menjadi momen bagi kami untuk terus meningkatkan komitmen dalam memberikan pelayananterbaik sebagai wujud negara hadir bagi korban kecelakaan alat angkutan umum dan korban kecelakaan lalu lintas jalan, khususnya melalui transformasi pelayanan berbasis digital kami optimis rata-rata penyerahan santunanbagikorbanmeninggalduniadapatdiselesaikanlebihcepatdaritahun 2019, yakni lebih cepat dari 1 hari 15jam," ungkap Amos dalam keterangan tertulis.

Sampai dengan Desember 2019 Jasa Raharja telah menyerahkan santunan sebesarRp2,67triliundenganaktivitasnaiksebesar5,45%dibandingperiode yang sama tahun sebelumnya Rp2,53triliun.

"Tidakmenutupkemungkinan,kolaborasidenganbeberapainstansiBUMNdan pihak lainnya dengan pemanfaatan teknologi informasi untuk memberikan nilai tambah perusahaan ke masyarakat menjadi salah satu alternatif pilihan, khususnya dalam memudahkan masyarakat untuk memperoleh hak santunan," tutupnya. (adv/adv)