Jokowi soal Sebut Sandiaga Capres: Saya Diberi Umpan

CNN Indonesia | Jumat, 17/01/2020 17:35 WIB
Jokowi soal Sebut Sandiaga Capres: Saya Diberi Umpan Presiden Joko Widodo (Jokowi). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku punya alasan ketika menyinggung sosok Sandiaga Salahudin Uno sebagai capres 2024 di acara Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, beberapa waktu lalu. Jokowi mengaku diberi 'umpan' oleh tuan rumah.

"Ya karena diberi umpan oleh Kepala BKPM, itu saja. Ya kan ada ceritanya, tau kan (saya) diberi umpan oleh Kepala BKPM, kemudian saya teruskan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (17/1).

Jokowi menepis spekulasi yang berkembang bahwa pernyataannya punya arti pemberian dukungan kepada Sandi untuk Pilpres 2024. Ia menyatakan dukungan sejatinya diberikan kepada semua pihak.


"Lho semua kita dukung, tapi kan (Pilpres 2024) masih lama, Pilpres (2019) saja baru rampung," ujarnya sembari tersenyum.
Jokowi soal Sebut Sandiaga Capres: Saya Diberi UmpanPolitikus Gerindra Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Sebelumnya, Jokowi memberi sinyal Sandi berpotensi menjadi kandidat yang menggantikannya untuk menduduki kursi RI-1.

"Hati-hati 2024. Tadi disampaikan Ketua Pembina HIPMI (Bahlil Lahadalia) bahwa 2024 kemungkinan beliau yang hadir di sini adalah kandidat, kandidat yang kemungkinan besar akan menggantikan saya. Dan saya meyakini itu, tapi saya tidak menyebutkan orangnya siapa, bahwa tadi yang baru berdiri tadi," katanya.

Sementara itu sebelumnya Bahlil Lahadalia memang menyinggung Sandiaga yang kemungkinan akan menggantikan Jokowi. Bahlil yang kini ditunjuk Jokowi menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengaku sudah mengetahui itu sejak masa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu.
[Gambas:Video CNN]
"Bang Sandi ini sebenarnya sudah tahu kalau Bapak (Jokowi) akan menang lagi. Dia bilang sama saya dari pada lihat orang lain yang ikut berkompetisi mendingan keluarga besar HIPMI saja," kata Bahlil.

"Dia sudah tahu dari awal memang agak berat untuk menang, tapi dari pada untuk yang lain ya udah dari HIPMI. Sudah komunikasi pak sama saya, saya bilang Bang Sandi tenang Adinda di BKPM, tapi Abang back up BKPM de facto," sambungnya.

Seperti diketahui, Sandiaga merupakan calon wakil presiden yang mendampingi calon presiden Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. Namun, keduanya kalah dari Jokowi-Ma'ruf Amin. (uli/ain)