Anies Bakal Resmikan Skatepark Senilai Rp14,3 Miliar

CNN Indonesia | Sabtu, 18/01/2020 06:00 WIB
Anies Bakal Resmikan Skatepark Senilai Rp14,3 Miliar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan meresmikan taman bermain skateboard (skatepark) di kolong jalan layang Pasar Rebo, Jakarta Timur. (CNN Indonesia/Thohirin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal meresmikan taman bermain skateboard atau skatepark berstandar internasional. Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menyatakan bahwa skatepark tersebut berlokasi di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Rencana (Gubernur meresmikan) minggu depan," kata Hari kepada CNNIndonesia.com, Jumat (17/1).


Hari mengakui bahwa skatepark tersebut berasal dari APBD DKI Jakarta senilai Rp14,3 miliar. Dana tersebut dipakai untuk pembangunan dan revitalisasi kawasan area bermain skateboard di Pasar Rebo.


Dia memastikan ada banyak fasilitas di lokasi tersebut sehingga Hari memastikan skatepark itu berskala internasional.

"Kontrak Rp14,3 miliar, tapi yang dibangun tidak hanya yang skatepark saja tapi itu sudah termasuk (revitalisasi) trotoar dan amphiteatre juga," ungkap dia.

Anies Bakal Resmikan Skatepark Senilai Rp14,3 MiliarGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNNIndonesia/Feri Agus Setyawan)
Hari mengatakan dalam skatepark tersebut terdapat enam zona yang disiapkan. Dari data Dinas Bina Marga DKI Jakarta luas kawasan Skate Park tersebut sebesar 13.991 meter persegi yang dapat digunakan pengguna skateboard dan BMX.


Anggaran itu juga sudah termasuk untuk pemeliharaan dan trotoar Pasar Rebo. Adapun zona yang disiapkan ialah zona A untuk tempat terbuka, tempat duduk, teater terbuka ekspresi seni budaya dan taman terbuka.

"Zona B ada taman shelter Jakarta dan Taman Terbuka Hijau, zona C ada taman terbuka dan transit kendaraan umum, zona D ruang hijau taman kota, zona E terletak di bawah flyover yakni zona taman kering, taman bermain anak-anak, UMKM dan taman ekspresi seni budaya," katanya.

Selanjutnya Zona F terdiri dari skatepark, taman kering, taman serbaguna, ruang relaksasi lansia. Dengan fasilitas ini diharapkan masyarakat memiliki ruang interaksi yang lebih memadai di Jakarta.

"Pemprov DKI ingin memastikan kenyamanan dan fasilitas publik dan memanfaatkan lahan kosong untuk masyarakat bisa bersosialisasi," ujarnya.


[Gambas:Video CNN] (ctr/pmg)