Kampus UPI Tegaskan Tak Terlibat Aktivitas Sunda Empire

CNN Indonesia | Sabtu, 18/01/2020 03:27 WIB
Kampus UPI Tegaskan Tak Terlibat Aktivitas Sunda Empire Taman Isola, tempat Sunda Empire menggelar upacara. (CNN Indonesia/Huyugo Simbolon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Civitas Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menolak dikaitkan dengan keberadaan salah satu kelompok yang menamakan diri Sunda Empire. Sebelumnya ramai menjadi perbincangan netizen, Taman Isola UPI menjadi salah satu tempat yang dijadikan kelompok Sunda Empire berkegiatan.

Taman Isola diketahui pernah dua kali menjadi lokasi kegiatan Sunda Empire. Kegiatan itu dilakukan pada 2018 dan 2019. Namun dengan status Taman Isola sebagai area umum, maka Sunda Empire tak mengajukan permohonan penggunaan tempat.

"Kemudian beberapa bulan lalu, kami berkomunikasi lagi. Kami berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan militer di luar UPI, bahwa kegiatan mereka tidak sesuai dengan prinsip-prinsip kami sebagai kampus yang mengakui negara berdasarkan Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Permohonan mereka akhirnya kita tolak," ujar Kepala Seksi Eksternal Hubungan Kelembagaan UPI, Yana Setiawan, Jumat (17/1).


Meski pihaknya telah terkecoh dengan kegiatan panitia tersebut, Yana menegaskan bahwa tidak ada mahasiswa hingga civitas akademika UPI yang terlibat ke dalam kelompok Sunda Empire.
"Prinsip kita taat aturan, taat asas sebagai warga negara yang baik," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, media sosial diramaikan dengan keberadaan kelompok Sunda Empire. Kelompok ini memprediksi pemerintahan dunia akan berakhir pada 15 Agustus 2020.

Sejumlah foto dan cuplikan video kegiatan Sunda Empire di media sosial Youtube, salah satunya teridentifikasi digelar di UPI.
[Gambas:Video CNN]
Video tersebut diunggah akun Alliance Press International. Dalam salah satu videonya, menampilkan kegiatan berkumpul dan upacara peringatan hari jadi United Nations atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam video yang tersebar itu, warganet menanggapi jika salah satu lokasi upacara berada di Taman Isola yang berada di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

CNNIndonesia.com pun mendatangi lokasi taman, Jumat (17/1). Taman tersebut berada di bagian bawah Gedung Isola, salah satu ikon di kampus yang berlokasi di Jalan Setiabudi, Kota Bandung.

Di Taman Isola, tampak sejumlah pekerja sedang merawat taman. Menurut salah seorang pekerja, taman ini sering dijadikan tempat kegiatan mahasiswa dan masyarakat umum yang sedang berkunjung ke Gedung Isola yang merupakan bagian dari cagar budaya. (hyg/ain)