Air Meluap akibat Hujan, Tanggul Kali Sekretaris Jakbar Bocor

CNN Indonesia | Sabtu, 18/01/2020 14:04 WIB
Tanggul Kali Sekretaris di Tanjung Duren, Jakarta Barat dilaporkan bocor, karena debit air melimpah akibat curah hujan tinggi sejak Jumat malam hingga Sabtu. Ilustrasi banjir Jakarta. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tanggul Kali Sekretaris di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat dilaporkan bocor, Sabtu (18/1).

Tanggul itu bocor saat debit air melimpah akibat curah hujan tinggi sejak Jumat (17/1) malam hingga Sabtu dini hari. Limpahan air menggenangi kawasan itu.

Kepala Seksi Perencana Sistem Pengendali Banjir Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat, Wira Yudha Bhakti mengatakan dinding turap Kali Sekretaris yang membelah kawasan Tanjung Duren dan Pasar Patra atau Greenville, bocor pada sela-sela kecil yang retak, sehingga airnya melimpas ke Kali Gendong di sebelahnya.

"Debit air juga tampak memenuhi Kali Sekretaris," kata Wira dikutip dari Antara.


Oleh karena itu, kata dia, untuk mengatasi sementara kebocoran tanggul itu, pihaknya menutup dengan karung berisi pasir. "Jika sudah surut, baru akan dicor permanen," ujar Wira.
[Gambas:Video CNN]
Dia mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir karena aliran air dapat dikendalikan sehingga tidak menggenangi kawasan Tanjung Duren.

Hal itu karena arah aliran air bocor tersebut akan memasuki Kali Gendong dan akan menuju ke Waduk Tomang Barat.

Hujan yang mengguyur Jakarta sejak malam hari juga menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah area. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia, pada pukul 07.20, Sabtu, terjadi genangan sekitar 10 cm di Gatot Subroto menuju perempatan Kuningan-Mampang.

Sementara ketinggian air di Pintu air Manggarai sempat mencapai 754 cm. (Antara/dea)