Taufik Sebut Cawagub Baru DKI Tak Perlu Fit and Proper Test

CNN Indonesia | Senin, 20/01/2020 15:07 WIB
Ketua DPD Gerindra Jakarta M Taufik mengatakan dua calon wakil gubernur DKI Jakarta, Nurmansyah Lubis dan Ahmad Riza Patria tak perlu diuji lagi. Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, Mohamad Taufik. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik menyebut bahwa dua calon wakil gubernur (Cawagub) DKI Jakarta yang diajukan tidak perlu menjalankan uji kepatutan dan kelayakan.

Taufik menyatakan dua nama calon yang baru tersebut sudah mumpuni di bidangnya masing-masing.

"Enggak. Mereka sudah jago-jago semua," kata Taufik di DPRD DKI Jakarta, Senin (20/1).


Perlakuan ini berbeda dengan dua nama sebelumnya. Calon sebelumnya, Agung Yuliantono dan Ahmad Syaikhu sempat menjalani serangkaian fit and proper test serta melakukan safari politik ke sejumlah fraksi.
Namun, menurut Taufik hal itu tidak dilakukan di dua calon baru ini. Hari ini Gerindra menunjukkan surat rekomendasi nama calon wakil gubernur DKI yang sudah disepakati Gerindra dan PKS. Nama tersebut ialah Nurmansyah Lubis dan Ahmad Riza Patria.

Taufik mengatakan pihaknya akan langsung mengirimkan surat rekomendasi tersebut kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Besok surat itu akan dikirimkan Anies ke DPRD dan dilanjutkan dengan pembentukan Panitia Pemilih. 

"Karena kemarin yang Panlih belum dan sudah tatib. Setelah panlih baru di-Bamuskan untuk dilakukan paripuma pemilihan. Mekanisme pemilihan adalah dengan pemungutan suara," jelas dia.

Taufik mengatakan pemilihan akan dilakukan pada awal Februari.

"Mudah-mudah bisa kita mulai (pemilihan) bulan depan," ujar dia.

Sebelumnya, dalam pengumuman itu tidak ada anggota fraksi PKS yang menghadiri acara tersebut. Acara tersebut mayoritas dihadiri oleh anggota Fraksi Gerindra. 

Selanjutnya dalam surat itu tampak tandatangani Ketua DPW PKS DKI Syakhir Purnomo, Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden PKS Shohibul Iman.

PKS dan Gerindra sebelumnya sudah lama mengajukan dua nama cawagub yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Namun, molornya pemilihan cawagub itu menyebabkan munculnya isu pengajuan nama baru.
[Gambas:Video CNN]
Dengan surat ini dua nama tersebut gugur. Adapun empat nama yang disempat disebut  mewakili Gerindra yakni Ferry Juliantono, Arnes Lukman, Sekda DKI Saefullah, termasuk Riza.

DPD Gerindra DKI Jakarta, kata Taufik, akan menyerahkan surat keputusan dari Gerindra-PKS terkait dua nama baru calom wakil gubernur DKI Jakarta kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kata Taufik, dua nama itu diserahkan ke Anies, sore ini.

"Surat ini akan disampaikan ke Pak Gubernur. Insya allah pak Gubernur paling lambat besok pagi (diserahkan ke DPRD)," kata Taufik di DPRD DKI Jakarta, Senin (20/1).

Taufik menjelaskan setelah penyerahan nama ke Anies, maka Anies menyerahkan surat tersebut ke DPRD DKI Jakarta. Selanjutnya, DPRD akan membentuk panita pemilihan dan melaksanakan pemilihan Calon Wakil Gubernur.

"Karena kemarin yang Panlih belum dan sudah tatib. Setelah panlih baru di Bamuskan untuk dilakukan paripuma pemilihan. Mekanisme pemilihan adalah dengan pemungutan suara," kata dia.
(ctr/ugo)


BACA JUGA