PKS Tak Komentari Cawagub DKI sebelum Ada Amplop untuk Anies

Tim, CNN Indonesia | Senin, 20/01/2020 17:15 WIB
PKS Tak Komentari Cawagub DKI sebelum Ada Amplop untuk Anies Presiden PKS Sohibul Iman enggan berkomentar soal dua nama cawagub DKI Jakarta yang telah diumumkan Partai Gerindra. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menolak berkomentar soal dua nama calon wakil gubernur atau cawagub DKI Jakarta yang baru saja diumumkan oleh rekan koalisi mereka, Partai Gerindra. Gerindra telah mengumumkan dua nama cawagub DKI yang baru, yaitu Nurmansyah Lubis dan Riza Patria.

Sohibul mengatakan PKS sudah memilih kadernya untuk posisi cawagub DKI. Namun mereka baru akan mengumumkan nama cawagub ke publik usai berdiskusi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
"Yang namanya seseorang dicalonkan atau tidak, itu resminya ketika nama-nama itu masuk ke dalam amplop, kita kirim kepada Gubernur. Jadi karena sekarang kita belum menyampaikan kepada Gubernur, ya kami tidak berani mengumumkan," kata Sohibul saat ditemui di Kantor DPP PKS, Jakarta, Senin (20/1).

Sohibul menjelaskan PKS sudah menyatakan kesediaan untuk memilih satu dari empat nama yang disodorkan Gerindra. Sementara satu nama lagi akan diajukan oleh PKS.


Meski begitu, Sohibul bersikukuh untuk tidak membocorkan nama yang disetujui PKS. Bahkan ia pun enggan mengonfirmasi apakah nama yang disetujui PKS adalah Nurmansyah Lubis dan Riza Patria.

"Tanya ke mereka (Gerindra), tanya ke mereka, saya tidak tahu," ucap dia.
PKS Enggan Komentari Cawagub Sebelum Ada 'Amplop' untuk AniesKetua DPD Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik memberi penjelasan terkait nama cawagub DKI di Fraksi Gerindra DPRD DKI, Jakarta, Senin (20/01/2020). (CNN Indonesia/Safir Makki)

Terkait absennya PKS dalam pengumuman nama cawagub yang digelar Gerindra, Sohibul enggan berkomentar. Dia menyatakan tak mengetahui ada agenda tersebut.

"Oh kita enggak tahu, dia ngumumin enggak tahu saya," ucap Sohibul sambil menghindari kejaran wartawan.

Sebelumnya, Partai Gerindra mengumumkan dua nama cawagub DKI Jakarta yang baru, yaitu Nurmansyah Lubis dan Riza Patria. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengklaim dua nama itu sudah sesuai kesepakatan dengan PKS. Meski begitu, dalam jumpa pers yang digelar di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (10/1), tak tampak perwakilan PKS.

Dasco mengklaim kedua partai sepakat untuk mencabut surat terdahulu. Ia juga memastikan bahwa surat yang dipegang sekarang sudah ditandatangani dan disetujui oleh keempat belah pihak.

"Telah ditandatangani antara DPP Gerindra, DPP PKS, DPD Gerindra DKI, dan DPW PKS. Jadi semua pihak sudah menandatangani atas kertas bermaterai serta distempel," kata Dasco.

[Gambas:Video CNN]

(dhf/pmg)