FOTO: Demo Buruh di Gedung DPR Tolak RUU Omnibus Law

Antara Foto, CNN Indonesia | Senin, 20/01/2020 19:21 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Massa buruh dari berbagai elemen menggelar demonstrasi menolak RUU Omnibus Law di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (20/1).

Massa buruh menggelar unjuk rasa menolak RUU Omnibus Law di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (20/1). Dalam aksinya mereka menilai Omnibus Law hanya menguntungkan pengusaha dan investor serta merugikan buruh di Indonesia. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Selain menentang RUU Omnibus Law, demo buruh kali ini juga menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Massa buruh yang terlibat aksi di antaranya KSPI, SPN, dan FSPMI. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Di tengah gelaran demo, hujan deras mengguyur massa aksi. Namun kelompok buruh tetap melanjutkan aksinya meski hujan lebat. (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)
Polda Metro Jaya menerjunkan 6.013 personel gabungan dalam rangka pengamanan aksi demo buruh yang digelar di depan Gedung DPR RI, Jakarta. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyebut ada enam isu dalam RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja yang dikhawatirkan merugikan buruh. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
RUU Omnibus Law itu dikhawatirkan akan menghilangkan upah minimum, menghilangkan pesangon, membebaskan buruh kontrak serta alih daya (outsourcing), mempermudah masuknya tenaga kerja asing, menghilangkan jaminan sosial, dan menghilangkan sanksi pidana bagi pengusaha. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Perwakilan buruh sempat beraudiensi dengan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Ansory Siregar. DPR menyatakan akan mengawal RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Demo buruh berakhir pada Senin (20/1) sore. Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Gedung DPR RI dibuka kembali bagi pengendara roda dua dan empat setelah massa aksi meninggalkan lokasi.  (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)