Anies Akan Kirim Dua Nama Cawagub ke DPRD DKI

CNN Indonesia | Selasa, 21/01/2020 11:41 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan akan segera melanjutkan nama kandidat cawagub dari Gerindra dan PKS ke DPRD DKI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menerima dua nama calon wakil gubernur dari partai pengusung, Gerindra dan PKS.

Nama yang diajukan adalah Ahmad Riza Patria dan Nurmansyah Lubis. Dua nama itu diterima setelah pertemuan Anies dengan Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik dan Ketua DPW PKS DKI Sakhir Purnomo.

"Tidak ada yang khusus, surat diterima hari ini, maka insya Allah akan segera diproses kemudian diantarkan langsung ke dewan agar dewan bisa langsung bekerja," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/1).


Anies memastikan dirinya akan langsung meneruskan surat tersebut kepada DPRD DKI Jakarta. Hal serupa disebut Anies juga dilakukan secepatnya saat pengumuman dua nama Cawagub dari partai pengusung pada tahun lalu.

"Tahun lalu, 22 Februari 2019, kami terima surat hari itu juga teruskan kepada dewan sehingga dewan langsung terima surat tanpa jeda. Ini pun sama, selebihnya ada pada kewenangan di DPRD untuk memproses," kata pemenang Pilkada DKI 2017 tersebut.


Mengenai para kandidat yang diajukan Gerindra dan PKS, Anies mengaku kenal keduanya. Ia percaya bahwa dua partai pengusung sudah banyak mempertimbangkan sosok keduanya untuk maju menjadi calon wagub.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini hanya berharap bahwa keduanya bisa memahami tanggung jawab sebagai Wakil Gubernur.

"Kita tahu tanggung jawab di Jakarta tidak kecil, kita tahu ada janji politik kampanye, ada RPJMD, dan saya percaya dua pribadi yg diusulkan ini pasti sudah pelajari, memahami dan siap melaksanakan itu semua," lanjut dia.

[Gambas:Video CNN]
Di tempat yang sama, Taufik menyatakan bakal segera memproses nama setelah Gubernur memberikan nama ke DPRD DKI Jakarta. Sementara Arifin berpesan agar gubernur dan DPRD bisa saling berkoordinasi untuk bisa mempercepar proses.

"Dan kita minta supaya ini cepat diproses. Mudah-mudahan Pak Gubernur cepat mengajukan ini ke DPRD dan DPRD segera memproses sehingga dalam waktu dekat supaya DKI Jakarta memiliki wakil gubernur yang bisa sinergi dengan Pak Anies untuk menjadikan Jakarta maju kota, bahagia warganya," tutup dia.

(ctr/kid)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK