Nurmansyah Lubis, Pedagang Kopi Calon Wakil Anies di DKI

CNN Indonesia | Rabu, 22/01/2020 08:42 WIB
Nurmansyah Lubis, Pedagang Kopi Calon Wakil Anies di DKI Kader PKS calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Nurmansyah Lubis. (Detikcom/Yogi Ernes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Nurmansyah Lubis mulai dikenal publik setelah Wakil Ketua Umum Gerindra Ahmad Sufmi Dasco menyebut dia terpilih sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dari PKS. Dia bakal bersaing dengan Ahmad Riza Patria dari Gerindra dalam memperebutkan posisi Wakil Anies Baswedan di DKI Jakarta.

Gerindra mengatakan Nurmansyah sama seperti Riza Patria yakni mumpuni untuk membenahi permasalahan Jakarta. Bahkan Gerindra menyebut keduanya tak perlu mengikuti uji kepatutan dan kelayakan, sehingga nantinya tinggal dipilih di antara keduanya sebagai wagub.

"Tidak usah tes lagi, mereka sudah jago-jago," kata Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik di DPRD DKI Jakarta, Senin (20/1).


Dihimpun dari berbagai informasi, Nurmansyah adalah kader aktif PKS. Pada tahun 1998 ia memulai karier politik dengan menjadi bendahara bagi PKS hingga tahun 2000.

Selama di PKS, ia sempat dipercaya mengemban berbagai jabatan, misalnya sebagai Ketua Bidang Kaderisasi PKS dari tahun 2000 hingga 2001, lalu Ketua Umum PKS Kebon Pala I dari tahun 2002 hingga 2005.

Ia juga sempat menjadi Ketua Komisi Legislasi Majelis Pertimbangan Wilayah dari 2005 hingga 2010. Terakhir ia dipercaya sebagai Ketua Komisi Kebijakan Publik dan Kajian Strategi MPW PKS dari tahun 2010 sampai 2015.

Jauh sebelumnya, Nurmansyah mengenyam pendidikan di berbagai jenjang. Dia bersekolah di SD Karet Belakang Pagi II Jaksel. Kemudian dia melanjutkannya di SMP Negeri 1 Jakarta serta SMA Negeri 7 Jakarta.

[Gambas:Video CNN]
Memiliki edukasi yang memadai, Nurmansyah diterima masuk melanjutkan pendidikan pada program D3 untuk universitas di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Ia pun melanjutkan kuliahnya dengan mendaftar di Sekolah Tinggi Ekonomi YAI untuk gelar sarjana pada tahun 1995.

Pria yang aktif berorganisasi ini pun menyabet gelar master di Sekolah Tinggi Ekonomi IPWI Jakarta pada tahun 1997.

Selain menyibukkan diri dalam dunia politik Indonesia, Nurmansyah juga merupakan seorang pecinta kopi. Saking cintanya dia bahkan membuka usaha kopi.

Diketahui ia memiliki usaha kopi sendiri bernama Kopi Bang Ancah yang ia mulai pada tahun 2016. Ia juga memiliki dagangan kopi di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.
(ctr/osc)