Mirip Bom, Benda di SPBU Pekalongan Berisi Cor Semen

CNN Indonesia | Rabu, 22/01/2020 16:09 WIB
Mirip Bom, Benda di SPBU Pekalongan Berisi Cor Semen Ilustrasi benda mencurigakan mirip bom. (CNN Indonesia/Ochank Nuno).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah benda mencurigakan mirip bom ditemukan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kertijayan, Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (22/1) sekitar pukul 09.30 WIB. Benda tersebut hanya berisi cor semen, bukan bahan peledak.

"Benda itu mirip seperti bom, ada kabel, jam, dilakban. Isi di dalamnya hanya cor semen saja, dilakban dan dikasih jam sama kabel," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iskandar Fitriana Sutisna kepada CNNIndonesia.com.

Iskandar menjelaskan, benda tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang cleaning service bernama Rowi sekitar pukul 09.30 WIB. Saat itu ia tengah membersihkan ATM Mandiri dan melihat benda yang menarik perhatiannya.


"Saksi melihat ada barang mencurigakan dalam kardus berwarna biru. Ia lantas melaporkan hal tersebut ke satpam SPBU dan pihak bank Mandiri," ujar Fitriana.

Setelahnya, temuan itu dilaporkan ke Polsek Buaran dan diteruskan ke Polres Pekalongan. Anggota Polres Pekalongan kemudian mendatangi lokasi.

Selanjutnya Kapolsek Buaran menghubungi tim Gegana Brimob Pekalongan untuk mengecek benda mencurigakan itu.

"Tim Jibom Gegana Brimob sampai di TKP dan lakukan penggoncangan terhadap barang yang diduga bom, namun tidak ada ledakan. Untuk selanjutnya barang yang diduga bom dibawa ke lokasi tanah lapang di daerah Kertijayan untuk dilakukan discrupter (penceraiberaian)," tuturnya.

[Gambas:Video CNN]
Setelah diledakkan, polisi menemukan tiga pipa besi dengan timer dan kabel yang saling terhubung. Namun tidak ditemukan ada bahan peledak di dalamnya.

"Kesimpulan hahwa benda dalam kardus tersebut tidak ada bahan peledaknya dan bukanlah bom," ucap Iskandar.

Meski demikian polisi tetap akan menyelidik lebih jauh. Terutama untuk mencari siapa yang meletakkan benda mirip bom tersebut.

"Iya akan diselidiki siapa orang yang meletakkan benda tersebut," ujarnya.

Informasi tentang penemuan benda mencurigakan itu sebelujmnya tersebar di media sosial. Akun twitter @officialbatiktv bahkan menggunggah rekaman video situasi di lapangan saat penemuan benda tersebut.

Dalam rekaman video itu, terlihat SPBU dipasangi dengan garis polisi. Selain itu, jalan di sekitar lokasi juga tampak ditutup dan sejumlah personel kepolisian tampak berjaga.

"#BreakingNews Botol plastik besar diduga bom diamankan pihak kepolisian di POM Bensin Kertijayan, Pekalongan," demikian keterangan dalam unggahan tersebut.

(dis/osc)