Pembangunan Underpass Senen Extension, Lalu Lintas Direkayasa

CNN Indonesia | Rabu, 22/01/2020 22:37 WIB
Pembangunan Underpass Senen Extension, Lalu Lintas Direkayasa Ilustrasi pengalihan arus allu lintas. (CNN Indonesia/Daniela)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai membangun underpass Senen extention di simpang Senen, Jakarta. Rekayasa lalu lintas pun diberlakukan di kawasan itu.

"Pembangunan dimulai tanggal 1 Januari sampai dengan Desember 2020," kata Sekretaris Dinas Perhubungan DKI Jakarta Massdes Arouffy dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/1).

Ia menjelaskan pembangunan underpas Senen Extension nantinya akan mengakomodasi pergerakan lalu lintas dari Pulogadung ke arah Utara yang terhubung dengan jembatan yang ada. Selama proyek berlangsung, pihaknya akan melakukan pengurangan atau pelebaran jalan di kawasan tersebut.


Pengalihan arus itu sendiri terdiri dari dua rute. Pertama, lalu lintas dari arah Timur atau Pulogadung menuju arah Barat atau Tugu Tani/Gambir yang semula belok kanan di simpang Senen melaui Jalan Senen Raya dapat menggunakan jalan alternatif langsung lurus ke arah Barat melalui Jalan Prajurit KKO Usman Harun.

[Gambas:Video CNN]
"Kedua, lalu lintas dari Barat atau arah Tugu Tani yang semula dapat belok kanan di simpang Senen ke arah Selatan (Salemba) dialihkan lurus berputar di atas underpass Senen. Lalu belok kiri di simpang Senen menuju Salemba," ujar dia.

Selanjutnya, Massdes meminta kepada para pengendara untuk menghindari ruas jalan tersebut. Ia juga mengingatkan agar masyarakat dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas berlaku.

"Tetap patuhi rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di Jalanan," tutup dia.

(CTR/arh)