Prabowo Bawa Konsep Pertahanan Berbasis Sumber Daya Nasional

CNN Indonesia | Kamis, 23/01/2020 23:09 WIB
Prabowo Bawa Konsep Pertahanan Berbasis Sumber Daya Nasional Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Aria Ananda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan langsung di hadapan Presiden Joko Widodo terkait pembangunan sistem pertahanan yang berbasis kepada sumber daya nasional.

Hal tersebut disampaikan Prabowo saat menyampaikan sambutan dalam Rapat Pimpinan di Lingkungan Kementerian Pertahanan RI.

"Tema rapim ini untuk mengajak turut serta membangun sistem pertahanan yang kuat dengan memanfaatkan sumber daya nasional," kata Prabowo di Gedung Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/1).


Sumber daya nasional ini kata Prabowo terdiri dari Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam maupun sumber daya buatan yang bersatu dalam semesta.
"Ini dilakukan secara semesta, terpadu, terarah, dan berlanjut untuk menjadi kelangsungan hidup NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," katanya.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga mengucapkan syukur dan rasa terimakasih kepada Jokowi yang telah menyempatkan diri untuk hadir dalam kegiatan rapim tersebut.

Hadirnya Jokowi, kata Prabowo bisa menambah rasa semangat para prajurit TNI dan Polri yang hadir dalam kegiatan ini.

[Gambas:Video CNN]

"Kehadiran Bapak presiden sebagai panglima tertinggi TNI sungguh membangkitkan semangat moril dan kepercayaan diri seluruh komunitas pertahanan Indonesia dan pasti juga kepolisian negara Indonesia," kata dia.

Dalam Rapim Kemhan 2020 ini juga dihadiri oleh sejumlah Menteri Kabinet. Rencananya mereka akan memberi arahan secara tertutup kepada para petinggi di lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI Polri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran TNI-Polri untuk bersama-sama memperkuat dan menjaga kedaulatan Indonesia. Ia meminta jajaran TNI-Polri berdiri di barisan depan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kepada seluruh jajaran TNI-Polri, harus bekerja, bersungguh-sungguh dalam rangka memperkuat dan menjaga kedaulatan negara kita Indonesia, untuk berdiri paling depan dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI," kata Jokowi (fra/ain)