Kepala Jaga: Tinggi Muka Air Katulampa Normal

CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 13:07 WIB
Kepala Jaga: Tinggi Muka Air Katulampa Normal Bendung Katulampa, Bogor. (CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tinggi permukaan air Bendung Katulampa di Kota Bogor pada Jumat hanya 10 centimeter (cm) atau dalam kondisi normal dan cuaca cerah berawan.

"Posisi tinggi muka air di Bendung Katulampa normal sejak pagi. Saya perkirakan sampai siang masih dalam kondisi normal," kata Kepala Jaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman di Bogor, Jawa Barat, Jumat (24/1) siang seperti dilansir Antara.

Menurut Andi, kalau di Jakarta pada pagi ini turun hujan, maka itu adalah hujan hujan lokal di Jakarta.


"Cuaca di Bogor saat ini cerah berawan," katanya.

Pada Kamis (23/1) malam, turun hujan di kawasan Puncak Bogor dan tinggi muka air di Bendung Katulampa sempat naik mencapai 50 cm atau Siaga IV pada sekitar pukul 21.00 hingga 23.00 WIB.

Namun, tinggi muka air itu berangsur-angsur turun dan pada pagi hari telah mencapai posisi 10 cm atau normal.

[Gambas:Video CNN]
Posisi muka air di Bendung Katulampa mencapai titik tertinggi pada 2020, terjadi pada saat tahun baru, yakni 1 Januari 2020, pagi hari mencapai 170 cm atau Siaga II.

Pada saat itu, di sebagian wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Kabupaten Lebak Banten terjadi banjir. Sedangkan di Kabupaten Bogor terjadi banjir dan longsor.

Sementara itu, pada pukul 11.00 WIB tadi, BPBD DKI Jakarta melansir ketinggian di pintu air Manggarai, Karet, dan Pulogadung sudah memasuki titik siaga III.

(Antara/kid)