Jokowi Perintahkan Terawan Awasi Penyebaran Virus Corona

CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 16:03 WIB
Jokowi Perintahkan Terawan Awasi Penyebaran Virus Corona Presiden Jokowi meminta Menkes Terawan awasi penyebaran Virus Corona. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menyatakan telah memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan untuk mengawasi penyebaran Virus Corona dari Wuhan, China, secara detail.

"Terpenting kita waspada. Hati-hati. Saya sudah perintahkan ke Menkes untuk diawasi secara detail, diawasi," ujar dia, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/1).


Jokowi mengatakan hingga saat ini belum menerima informasi pasien asal Indonesia yang diduga terjangkit Virus Corona. Ia berharap pengawasan ini dapat mencegah masuknya penyebaran virus tersebut ke Indonesia.


"Kita kan sudah siap mengecek dengan scanner setiap kedatangan dari luar, siapa pun yang kemungkinan besar terjangkit. Tapi sampai sekarang informasi yang saya terima dan semoga seterusnya, tidak ada yang terjangkit Corona," katanya.

Sebelumnya Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso pada Jumat pagi dilaporkan mengisolasi satu pasien terduga terjangkit virus corona. Orang yang diduga terjangkit alias suspect virus ini diketahui telah bepergian ke wilayah China dan pulang ke Indonesia pada Rabu (22/1).

[Gambas:Video CNN]
Pihak rumah sakit mengatakan tengah melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kondisi suspect. Dibutuhkan waktu 2-3 hari sampai penelitian selesai.

Hingga saat ini, China mengonfirmasi 26 orang meninggal akibat virus corona dan yang terinfeksi mencapai 830 orang.


(psp/arh)