Klenteng Sam Poo Kong Bakal Dijaga Ketat Saat Imlek

CNN Indonesia | Sabtu, 25/01/2020 08:43 WIB
Klenteng Sam Poo Kong Bakal Dijaga Ketat Saat Imlek Klenteng Sam Poo Kong bakal dijaga ketat TNI dan Polri saat Imlek (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Semarang, CNN Indonesia -- Klenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah bakal dijaga ketat oleh personel TNI dan Polri saat perayaan Imlek yang jatuh pada Sabtu mendatang (25/1). Simulasi pengamanan sudah dilakukan.

Kapolrestabes Semarang Kombes Polisi Auliansyah Lubis mengatakan langkah itu dilakukan karena Sam Poo Kong termasuk tempat wisata yang dikunjungi masyarakat saat Imlek.

"Sam Poo Kong itu tujuan utama wisata warga saat Imlek. Evaluasi tahun lalu, pengunjung sampai berjubel dan kita tidak ingin kecolongan ada gangguan keamanan terhadap warga", kata Aulia di Klenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jumat (24/1).


Aulia mengatakan Satpol PP juga akan mengirim personel guna menjaga keamanan di sekitar Sam Poo Kong saat Imlek. Dengan demikian, ada sejumlah unsur yang turut menjaga Sam Poo Kong.

Sejauh ini, TNI dan Polri sudah melakukan simulasi pengamanan di Klenteng Sam Poo Kong.

Dalam simulasi ini, terdapat orang tak dikenal melakukan serangkaian tembakan di tengah kerumunan massa yang memadati area Klenteng Sam Poo Kong. Beberapa pengunjung seketika tewas terkena tembakan pelaku.

Tak berselang lama, aparat Kepolisian bersama Tim Gegana Brimob langsung memburu pelaku yang berakhir dengan tembakan di tempat kepada pelaku hingga tewas.
[Gambas:Video CNN]
Aulia mengatakan personel pengamanan juga ditempatkan di berbagai titik lain. Tak hanya terfokus di Sam Poo Kong. Tentu guna mencegah gangguan keamanan saat Imlek.

"Kita dibantu aparat TNI, Satpol PP dan Linmas. Kita tempatnya menyebar, termasuk keamanan kota di berbagai tempat", tambah Aulia.

Klenteng Sam Poo Kong termasuk salah satu Klenteng tertua di Indonesia. Merupakan petilasan tokoh Tiongkok Laksamana Cheng Ho.

Sejak tahun 2004, Klenteng Sam Poo Kong menjadi ikon wisata Kota Semarang yang terbuka untuk umum. Terlebih saat Imlek.

Klenteng tersebut kerap dipadati pengunjung saat Imlek. Setiap tahun, begitu banyak warga yang berkunjung.
(dmr/bmw)