RSUD Soetomo Pastikan WN China Tak Terjangkit Corona

CNN Indonesia | Minggu, 26/01/2020 18:08 WIB
RSUD Soetomo Pastikan WN China Tak Terjangkit Corona Ilustrasi. (CNN Indonesia/Rosyid)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo, Surabaya, membantah Warga Negara (WN) China yang tengah ditanganinya, terjangkit virus corona. 

Humas RSUD Dr Soetomo dr Pesta Parulian mengatakan pasien asal China tersebut hanya menderita bronkitis, serta batuk dan pilek biasa. 

"Batuk pilek biasa, bronkitis," kata Pesta, saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Minggu (26/1).

Pasien itu dipastikan negatif corona, usai tim mengajukan sejumlah pernyataan seputar kapan ia terakhir kali berkunjung ke China, serta kapan terakhir ia berinteraksi secara langsung dengan orang China. 


"Dan dua pertanyaan itu tidak masuk. Dia datang dari China tanggal 5 (Januari). Dan dia baru batuk-batuk seminggu yang lalu," kata dia. 

"Jadi kriterianya dikatakan itu kalau (baru tiba di Indonesia) di bawah 14 hari itu masuk (terjangkit). Kemudian kebetulan dia memang pengajar jadi sering batuk batuk," tambah dia. 

Tak hanya itu, kata Pesta pihaknya juga sempat melakukan foto rontgen ke pasien tersebut. Diketahui hasilnya masih belum mengarah bahwa WNA itu terjangkit virus corona. 

[Gambas:Video CNN]


Kendati demikian Pesta mengatakan bahwa pihaknya tetap akan memberikan perawatan intensif kepada yang bersangkutan sebagai langkah antisipasi. 

"Kemudian pemeriksaan rontgen dada masih belum mengarah ke (virus asal) Wuhan itu. Tapi kita sebagai RS rujukan tetap mengantisipasi dengan memberikan terapi yang baik untuk dia," kata dia. 

Sebab, pasien tersebut juga merupakan seorang pengajar Bahasa Mandarin di yang tinggal sendirian di Surabaya. Pihaknya pun menyarankan kepada Konjen China, agar WNA itu mendapatkan perawatan medis. 

"Karena kebetulan orang ini tinggal sendirian di Surabaya. Jadi kita sedang menghubungi konsulat jenderal-nya," ujarnya. 

Sebelumnya, seorang Warga Negara (WN) di Surabaya, diduga terjangkit Virus Corona. Saat ini yang ia diketahui tengah ditangani oleh tim RSUD Dr Soetomo. 

Kabar ini pertama kali diungkap oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin melalui akun Twitter resminya, @cakimiNOW. 

"Ada kabar WA di rsds (RS dr Soetomo) Surabaya, seorang WNA terkena, tolong dicek apa benar?" cuit Cak Imin, sembari mengutip tautan salah satu situs berita, Minggu (26/1).
(frd/ugo)