Sandiaga Nilai Dua Cawagub DKI Mampu Dampingi Anies

CNN Indonesia | Senin, 27/01/2020 01:30 WIB
Sandiaga Nilai Dua Cawagub DKI Mampu Dampingi Anies Sandiaga Uno. ( CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno menilai dua calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yang diajukan ke DPRD merupakan sosok yang bisa membantu dan mendampingi Anies Baswedan menyelesaikan permasalahan di ibu kota. Diketahui dua Cawagub hasil kesepakatan Gerindra dan PKS, yakni Ahmad Riza Patria dan Nurmansyah Lubis.

"Dua sosok ini insyaallah yang bisa mendampingi pak Anies dan menyelesaikan tugas-tugas sesuai dengan apa yang dicanangkan di awal," kata Sandi di Hotel Grand Sahid Jaya, Minggu (26/1).

Sandi menyebut, kedua cawagub tersebut menguasai bidang ekonomi dan mengenal Jakarta. Riza, kata Sandi, bahkan pernah menjadi cawagub pada Pilkada 2012. Sedangkan Nurmansjah memiliki rekam jejak yang mumpuni di bidang keuangan.


"Sekali lagi dua-duanya adalah kader terbaik dan ini memecah kebuntuan kemarin. Saya terima kasih kepada para pimpinan partai prosesnya telah berjalan lagi," tuturnya.


Lebih lanjut, mantan Wagub DKI ini berharap agar proses pemilihan di DPRD segera tuntas sehingga Anies bisa kembali memiliki wakil dalam menjalankan roda pemerintahan Jakarta.

"Kita harapkan awal Februari segera diparipurnakan dan yang terpilih bisa langsung kerja," ujar Sandi.

[Gambas:Video CNN]
Diketahui Gerindra dan PKS sepakat mengusung Riza dan Nurmansyah sebagai Cawagub DKI Jakarta. Keduanya akan dipilih oleh anggota DPRD DKI Jakarta untuk mengisi posisi DKI 2 yang ditinggalkan Sandiaga Uno sejak 2018 lalu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap dua nama yang telah diusulkan PKS dan Gerindra bisa segera diproses agar posisi wagub secepatnya terisi. Anies sendiri telah mengirimkan dua nama cawagub tersebut kepada DPRD DKI Jakarta pada Selasa (21/1).

"Sehingga sekarang prosesnya sudah bisa dimulai di Dewan. Jadi kita berharap dalam waktu yang tidak lama lagi dewan membahas kemudian kita lihat perkembangannya," ujar Anies.


Terpisah, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik mengatakan pihaknya sudah menerima surat rekomendasi dari Anies terkait cawagub DKI Jakarta.

Taufik menyatakan DPRD akan segera membahasnya. Menurut Taufik, jadwal terdekat yang akan diagendakan adalah rapat pimpinan gabungan (rapimgab).

"Tanggal 27 [Januari] ini rapimgab, kemudian tanggal 29 paripurna pengesahan tata tertib," kata Taufik saat dihubungi, Rabu (22/1). (dis/osc)