Hari Pertama SKD CPNS Diikuti 32 Ribu Orang di 42 Instansi

Tim, CNN Indonesia | Senin, 27/01/2020 09:36 WIB
Hari Pertama SKD CPNS Diikuti 32 Ribu Orang di 42 Instansi Peserta Tes Seleksi Kompetesi Dasar Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS) yang digelar pada hari pertama, Senin (27/1) ini diikuti sebanyak 32 ribu orang. Ujian itu tersebar di 42 instansi.

"Jadi 34 provinsi dan beberapa kabupaten sudah mulai ujian SKD. Peserta yang mengikuti hari ini sampai sore nanti 32 ribu orang," kata Bima di Kantor BKN, Jakarta, Senin (27/1).


Bima merinci 42 instansi yang memulai seleksi SKD CPNS terdiri dari 19 kementerian/lembaga dan 23 pemerintah daerah. Ia menyatakan SKD akan dilakukan serentak pada hari ini.


Selain itu, Bima menyatakan pihaknya sudah mempersiapkan dengan matang pelaksanaan SKD sejak seminggu lalu. Ia pun berharap tak ada masalah yang berarti terkait server dan soal berbasis computer assisted test (CAT) yang sudah disiapkan.

"Ini hari pertama, baik panitia atau pesertanya juga belum terbiasa oleh sistem itu. Tapi hari kedua biasanya tak ada masalah lagi, mudah-mudahan juga hari ini enggak menemui permasalahan yang berarti," kata dia.

Bima menjelaskan bahwa SKD CPNS terdiri dari 100 soal, sementara waktu pengerjaannya selama 90 menit. Proses seleksi itu akan digelar mulai hari ini hingga 27 Februari 2020 mendatang.


"Di BKN akan dilakukan 5 sesi, dari pagi sampai sore. Nah di BKN ini 2 sesi pertama nanti BKN sendiri, lalu sesi ketiganya BIN. Lalu besok masih BIN dan kita nanti memberikan Jadwal untuk pelaksanaan seleksi itu. Dan siapa dan ditempat mana," kata Bima.

[Gambas:Video CNN] (rzr/pmg)