PKS Dukung Usulan Uji Publik Dua Cawagub DKI Jakarta

Tim, CNN Indonesia | Senin, 27/01/2020 12:20 WIB
PKS Dukung Usulan Uji Publik Dua Cawagub DKI Jakarta Presiden PKS Sohibul Iman ditemani Anies Baswedan dan Sandiaga Uno saat Pilkada DKI Jakarta 2017. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendukung usul penyelenggaraan uji kelayakan atau uji publik dalam pemilihan calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno.

Juru Bicara PKS Ahmad Fathul Bari mengatakan uji publik akan memberikan ruang bagi anggota DPRD DKI Jakarta untuk menggali lebih dalam kapasitas cawagub DKI Jakarta yang kini menyisakan dua kandidat yakni Ahmad Riza Patria dan Nurmansyah Lubis.


"PKS mendukung usulan diadakannya semacam uji kelayakan bahkan jika perlu melibatkan masyarakat, seperti uji publik, agar para anggota DPRD DKI Jakarta bisa menggali lebih dalam kapasitas cawagub DKI Jakarta pengganti Sandi," kata Fathul dalam keterangannya yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (27/1).


Dia menerangkan penyelenggaraan uji publik bisa menjadi sarana perkenalan untuk mengetahui kapasitas Riza dan Nurmansyah. Menurutnya, uji publik juga perlu dilakukan untuk memenuhi hak masyarakat DKI Jakarta agar bisa mengetahui sosok yang kelak akan mendampingi Anies Baswedan.

Fathul menilai uji publik bukan sekadar pemanis. Menurutnya, proses itu sudah seharusnya dan sewajarnya dilakukan karena proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dilakukan melalui pemilihan yang melibatkan publik.

"Pemilihan gubernur dan wakil gubernur melibatkan publik dalam menilai dan menggunakan suaranya secara langsung, one man one vote," ucapnya.


Fathul menambahkan, uji publik bisa menjadi sarana dan bentuk pertanggungjawaban anggota DPRD DKI Jakarta terhadap masyarakat apabila nantinya disiarkan secara langsung di stasiun televisi.

"Masyarakat (nanti) bisa menilai apakah para anggota DPRD DKI Jakarta memilih cawagub yang lebih tepat sesuai pilihan mereka atau tidak," ucap Fathul.

PKS Dukung Dua Cawagub DKI Jalani Uji PublikKetua DPD Gerindra DKI Jakarta, Mohamad Taufik memberi penjelasan terkait nama cawagub DKI di Fraksi Gerindra DPRD DKI, Jakarta, Senin (20/01/2020). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Gerindra dan PKS sepakat mengusung Riza dan Nurmansyah sebagai cawagub DKI Jakarta. Keduanya akan dipilih oleh anggota DPRD DKI Jakarta untuk mengisi posisi DKI 2 yang ditinggalkan Sandi sejak 2018.

Anies berharap dua nama yang telah diusulkan PKS dan Gerindra bisa segera diproses agar posisi wagub secepatnya terisi. Anies sendiri telah mengirimkan dua nama cawagub tersebut kepada DPRD DKI Jakarta pada Selasa (21/1).

"Sehingga sekarang prosesnya sudah bisa dimulai di Dewan. Jadi kita berharap dalam waktu yang tidak lama lagi dewan membahas kemudian kita lihat perkembangannya," ujar Anies.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik mengatakan pihaknya sudah menerima surat rekomendasi dari Anies terkait cawagub DKI Jakarta.

Taufik menyatakan DPRD akan segera membahasnya. Menurut Taufik, jadwal terdekat yang akan diagendakan adalah rapat pimpinan gabungan (rapimgab).

"Tanggal 27 [Januari] ini rapimgab, kemudian tanggal 29 paripurna pengesahan tata tertib," kata Taufik saat dihubungi, Rabu (22/1).


[Gambas:Video CNN] (mts/pmg)