Jokowi Negosiasikan Soal Kiriman Logistik bagi WNI di Wuhan

CNN Indonesia | Selasa, 28/01/2020 01:21 WIB
Jokowi Negosiasikan Soal Kiriman Logistik bagi WNI di Wuhan Warga Wuhan, China, memakai masker pelindung untuk menghindari wabah Virus Corona. (Hector RETAMAL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini pihaknya tengah berupaya mengirimkan bantuan logistik kepada sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang tertahan di Wuhan, China, akibat wabah Virus Corona.

Namun, akunya, pengiriman logistik ke wilayah tersebut merupakan hal yang rumit karena alur keluar masuk ketat akibat kebijakan isolasi pemerintahan setempat.

"Sementara (WNI) masih berada di sana dan saya kira KBRI juga secara detail mengikuti baik hal-hal yang berkaitan yang paling rumit memang berkaitan dengan logistik, karena aturan main untuk masuk ke sana sekarang juga sudah sangat ketat sekali," katanya usai meninjau proyek kapal selam di PT PAL Indonesia (Persero), di Surabaya, Senin (27/1).


Saat ini, lanjutnya, proses pengiriman logistik masih dalam proses negosiasi oleh KBRI. Ia berharap semua WNI bisa terlayani.

"Kita mengirimkan logistik masih dalam proses pendalaman oleh KBRI kita agar semuanya bisa terlayani dan berjalan dengan baik," katanya.

[Gambas:Video CNN]
Diketahui, kota Wuhan, yang merupakan muasal penyebaran wabah Virus Corona, diisolasi dari dunia luar. Sementara, sejumlah WNI masih terjebak di wilayah itu. Misalnya, 12 mahasiswa asal Aceh, dan 12 mahasiswa asal Jawa Timur.

(frd/arh)