Menkes Imbau Tak Risau Virus Corona: Terpenting Jaga Imunitas

CNN Indonesia | Selasa, 28/01/2020 11:40 WIB
Menkes Imbau Tak Risau Virus Corona: Terpenting Jaga Imunitas Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. (CNN Indonesia/Melani Putri).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir menghadapi virus corona. Meski sejumlah orang di beberapa daerah yang diduga terjangkit corona dirawat di ruang isolasi.

Ditemui usai pembukaan acara Hari Gizi Nasional di Kantor Kementerian Kesehatan pada Selasa (28/1), Terawan mengatakan virus apapun dapat dikalahkan oleh imunitas atau daya tahan tubuh. Karena itu, dia menilai pentingnya menjaga imunitas tubuh.

"Kita tidak perlu risau dengan isu penyakit-penyakit yang beredar, yang penting jaga imunitas, kelemahan virus itu ya imunitas yang kuat," ujarnya.


Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas, lanjut Terawan, masyarakat perlu menerapkan pola atau gaya hidup sehat.

Mengenai suspect corona di Indonesia, Terawan mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan langkah-langkah pencegahan sesuai SOP. Misalnya dengan menyiapkan staf-staf Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) di tiap dinas kesehatan daerah untuk memberikan informasi terkait virus corona.

"Setiap dinkes sudah disupport P2P saya terus memantau dan mensupport, kami juga berupaya mencegah penyebarannya dengan memberikan informasi kepada masyarakat," katanya.

Pihaknya juga sudah mengirimkan staf P2P untuk mengawasi wisatawan China yang ada di Sumatera Barat. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan.

[Gambas:Video CNN]
Terawan menyebut penanganan dan pencegahan virus corona juga masih terus dilakukan di setiap bandara dan pintu-pintu masuk ke Indonesia.

Untuk itu, Terawan meminta kepada seluruh media massa tidak menyebarkan berita yang belum dapat divalidasi kebenarannya. Mengingat hoaks atau berita bohong soal masuknya virus corona ke Indonesia dapat membuat kepanikan.

"Media massa itu kan pos-pos informasi, tolong dibantu memberikan informasi yang jelas supaya tidak membuat kepanikan masyarakat," ujarnya.

Meski begitu, hingga hari ini Kemenkes memastikan belum ditemukan ada kasus orang yang positif terinfeksi virus corona di Indonesia. (mel/osc)