Pemprov-DPRD DKI Gelar Rapat Bahas Nasib Revitalisasi Monas

CNN Indonesia | Selasa, 28/01/2020 12:10 WIB
Pemprov-DPRD DKI Gelar Rapat Bahas Nasib Revitalisasi Monas Suasana pembangunan proyek revitalisasi Monas. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta menggelar Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) terkait revitalisasi Monas. Rapimgab digelar mulai pukul 11.00 WIB di ruang Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

Terpantau pejabat yang sudah hadir di antaranya Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah dan Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Heru Hermawanto. Kemudian menyusul di belakang ada Asisten Pembangunan DKI Jakarta Yusmada Faizal.

"Nanti kita rapat dulu," kata Saefullah ketika ditanyai mengenai revitalisasi Monas sebelum Rapimgab, Selasa (28/1).


Adapun pihak yang diundang dalam rapat ini, yakni Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota serta Komisi B DPRD DKI Jakarta.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengaku bakal menyurati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menghentikan sementara proyek revitalisasi Monas. Pasalnya, Anies belum mengantongi izin untuk menjalankan proyek revitalisasi tersebut.

"Ya karena jelas ada prosedur yang belum dilalui, ya kita minta untuk disetop dulu. Kita surati aja," ujar Pratikno usai rapat bersama sejumlah kementerian di kantor Kemensetneg, Jakarta, Senin (27/1).

Pratikno menyatakan bakal mengirimkan surat itu ke Anies secepatnya. Ia sendiri telah menerima surat pengajuan izin dari Anies yang dikirim pada Jumat (24/1) lalu.

[Gambas:Video CNN]
Senada, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono menegaskan Anies harus tetap mengikuti prosedur jika ingin menjalankan proyek revitalisasi Monas.

Berkaca dari kepemimpinan gubernur sebelumnya, kata Basuki, semua gubernur DKI juga mesti mengajukan izin terlebih dulu jika ingin merevitalisasi.

"Bukan kali ini saja, tapi sejak Pak Sutiyoso, Pak Foke, Pak Jokowi juga sudah dilakukan. Ini keempat kali yang akan direvitalisasi dan oleh Pak Anies harus ada prosedur itu," ucapnya.

Revitalisasi Monas sempat mendapat teguran dari Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua Komisi D DPRD Jakarta. Kontraktor proyek revitalisasi Monas PT Bahana Prima Nusantara memastikan revitalisasi sudah berjalan 88 persen dengan target pengerjaan hingga Februari mendatang.

Pengerjaan revitalisasi Monas dilakukan di kawasan yang bersebelahan dengan lapangan parkir Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) atau seberang Balai Kota DKI Jakarta.

Pemprov DKI menebang sekitar 190 pohon di sana demi revitalisasi. Belakangan Pemprov DKI membantah ratusan pohon itu ditebang, melainkan hanya digeser ke tempat lain. (ctr/osc)