Panja DPR Bakal Jalankan Saran SBY Soal Jiwasraya

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 05:08 WIB
Panja DPR Bakal Jalankan Saran SBY Soal Jiwasraya Panja Komisi VI DPR akan mengakomidir saran SBY soal kaitan Jiwasraya dengan Pemilu 2019 (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panitia Kerja (Panja) Komisi VI DPR akan membahas saran Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mengusut dugaan aliran dana PT Asuransi Jiwasraya untuk kepentingan Pemilu 2019.

Anggota Panja dari fraksi Gerindra Andre Rosiade mengatakan pihaknya tengah bekerja dan mendengar masukan dari berbagai pihak. Termasuk SBY.

"Kami lagi bekerja, insya Allah masukan masyarakat termasuk dari SBY jadi jadi pembahasan nantinya," kata Andre saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (28/1).


Andre mengatakan Panja juga mendengarkan masukan dari pakar dan ahli. Berbagai pandangan yang diperoleh akan dibawa menjadi materi pertanyaan dalam rapat bersama Menteri BUMN Erick Thohir serta jajaran direksi PT. Asuransi Jiwasraya pada Rabu (29/1).

Terpisah, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Irwan menyatakan bahwa SBY memilki hipotesis yang jelas dalam menyarankan agar dilakukan pengusutan dugaan uang dari PT Asuransi Jiwasraya untuk kepentingan Pemilu 2019.

"Pasti beliau jelas di tulisan itu, hipotesisnya sampai kemungkinan dugaan ada dana Jiwasraya ini ke Pemilu. Apalagi, ada yang orang KSP sebelumnya Direktur Keuangan Jiwasraya," kata Irwan.

Sebelumnya, SBY mengatakan bahwa banyak pertanyaan yang beredar di masyarakat tentang dugaan aliran dana dari Jiwasraya untuk kepentingan Pemilu 2019. Pertanyaan itu berseliweran sejak Jiwasraya dinyatakan gagal bayar.

SBY lantas menyarankan agar ada pengusutan berkenaan dengan hal tersebut. Menurutnya, itu perlu diusut agar nama baik Presiden Jokowi juga tetap terjaga.

"Apakah memang ada uang yang mengalir dan digunakan untuk dana politik (pemilu)?" ucap SBY melalui akun Facebook, Selasa (28/1).
[Gambas:Video CNN] (mts/bmw)