TNI AU Siagakan 3 Pesawat untuk Evakuasi WNI di Wuhan China

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 09:16 WIB
TNI AU Siagakan 3 Pesawat untuk Evakuasi WNI di Wuhan China TNI AU menyiagakan dua unit Boeing dan satu unit Hercules serta Batalyon Kesehatan untuk persiapan evakuasi WNI dari Wuhan terkait penyebaran virus corona. (ANTARA FOTO/Fadlansyah).
Jakarta, CNN Indonesia -- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara atau TNI AU telah menyiagakan tiga pesawat untuk mengevakuasi WNI terkait penyebaran wabah virus corona di Wuhan, China. Tiga pesawat yang disiagakan terdiri dari dua unit Boeing B737 dan satu unit Hercules C130.

Selain armada, TNI AU juga menyiagakan personel dari Batalyon Kesehatan untuk memulangkan WNI.

"Terkait wabah virus Korona 2019-nCoV di Wuhan, China, hasil rapat @PolhukamRI @Kemlu_RI @KemenkesRI, TNI AU telah menyiagakan 2 unit Boeing B737, 1 unit C130 Hercules, dan Batalyon Kesehatan #TNIAU untuk mengevakuasi WNI," kata TNI dalam akun twitternya, Rabu (29/1).




Diketahui ada 244 WNI di provinsi Hubei yang tercatat saat ini. Khusus di Wuhan, ibu kota Hubei, terdapat 93 WNI yang tinggal di sana.

Pemerintah Indonesia sedang menyiapkan opsi pemulangan WNI yang masih bertahan di Wuhan. Evakuasi akan dilakukan sesuai koordinasi dengan pemerintah China, mengingat status kota Wuhan, Provinsi Hubei, dalam keadaan "lock down" atau diisolasi. 

Pemerintah China mengisolasi Wuhan dengan melarang transportasi dari dan menuju luar Wuhan demi mengantisipasi penyebaran Virus Corona. Bahkan China belakangan memperluas area isolasi ke kota-kota lain.

Hingga kini jumlah warga di China yang terinfeksi virus corona naik drastis menjadi lebih dari 4.000 orang. Sementara korban meninggal akibat Virus Corona di China per Rabu (29/1) mencapai 131 orang.

[Gambas:Video CNN]

(osc/osc)