KLHK Putus Kerja Sama dengan WWF Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 10:32 WIB
KLHK Putus Kerja Sama dengan WWF Indonesia Menteri LHK Siti Nurbaya. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengakhiri perjanjian kerja sama dengan Yayasan WWF IndonesiaKLHK secara sepihak memutus kerja sama yang sudah dibangun bertahun-tahun itu melalui Keputusan Menteri Nomor SK.32/Menlhk/Setjen/KUM.1/1/2020.

Meski diputus secara sepihak oleh KLHK, WWF Indonesia menjamin akan tetap 'hidup' dan beroperasi seperti biasa.

"Yayasan WWF Indonesia dapat dan akan tetap terus beroperasi di Indonesia melanjutkan kiprah dan kontribusinya pada pelestarian sumber daya alam hayati dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia," ujar Ketua Badan Pembina dan Juru bicara Yayasan WWF Indonesia, Kuntoro Mangkusubroto dalam keterangan tertulis, Rabu (29/1).


Surat pemutusan kerja sama itu diterima WWF Indonesia pada 23 Januari. Kuntoro menyayangkan tidak ada ruang komunikasi dari KLHK untuk melakukan musyawarah mufakat sebagaimana tercantum dalam perjanjian kerja sama kedua lembaga.

"Keputusan sepihak ini merugikan reputasi WWF yang telah lebih dari 50 tahun berkiprah mendukung upaya konservasi dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia," ucapnya.

Lebih jauh Kuntoro menjelaskan, bahwa sebagai lembaga independen berbadan hukum Indonesia yang menjadi bagian dari kelompok masyarakat madani, WWF Indonesia berhak melakukan kegiatannya di Indonesia berdasarkan ketentuan hukum dan perundangan yang berlaku.

Kata Kuntoro, berdasarkan UU Nomor 32/2019 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, WWF Indonesia sebagai bagian dari masyarakat sipil memiliki hak yang sama untuk bekerja dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

"Untuk memperjuangkan hal ini, kami mengutamakan terjadinya dialog dengan KLHK. Namun jika dibutuhkan kami juga mempertimbangkan opsi langkah hukum," ujar Kuntoro.

[Gambas:Video CNN]
Meski begitu WWF Indonesia akan tetap bersikap profesional dengan segera menindaklanjuti pengakhiran kerja sama ini dan menyegerakan proses serah terima program kerja yang terdampak kepada KLHK, baik di tingkat nasional maupun di tingkat tapak.

"Kami siap menjadi mitra kerja KLHK, selama masa transisi dan seterusnya, jika diminta," tutur Kuntoro.

Pun demikian, WWF Indonesia tetap dan akan terus berkomitmen mendukung prioritas Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

"Kami senantiasa siap bekerja sama dengan semua pihak dengan tujuan terwujudnya alam Indonesia yang lestari, serta membangun masa depan dimana manusia hidup selaras dengan alam, bagi kepentingan generasi sekarang dan mendatang," ujar Kuntoro. (osc/osc)


ARTIKEL TERKAIT