Sandi Bela Anies soal Monas: Sudah Dibahas dengan Saya

CNN Indonesia | Kamis, 30/01/2020 19:50 WIB
Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menyebut Anies Baswedan sudah membahas rencana revitalisasi monas sejak dirinya masih menjabat sebagai wagub. Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno membela langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait revitalisasi Monumen Nasional (Monas). Sandi mengatakan soal revitalisasi sudah pernah dibahas sejak dia masih menjabat wagub DKI.

"Pak Anies membahas dengan saya (soal revitalisasi)," kata Sandi di Jakarta, Kamis (30/1).

Sandi mengatakan rencana merevitalisasi monas sudah ada sejak masa jabat gubernur-gubernur sebelumnya. Ia mengatakan revitalisasi memang diperlukan, mengingat pengunjung Monas yang terus meningkat.


"Monas kalau hari biasa ada 50 ribu pengunjung. Dan kalau di hari-hari libur itu bisa sampai 100 ribu pengunjung. Monas kan ikon wisata," tambahnya.
Revitalisasi Monas sebelumnya jalan terus meski mendapat teguran dari Ketua DPR RI Puan Maharani dan Komisi D DPRD Jakarta. Kontraktor proyek revitalisasi Monas PT Bahana Prima Nusantara memastikan revitalisasi sudah berjalan 88 persen dengan target pengerjaan hingga Februari mendatang.

Pengerjaan revitalisasi Monas dilakukan di sisi yang bersebelahan dengan lapangan parkir Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) atau seberang Balai Kota DKI Jakarta.

Selama revitalisasi ini, pemprov DKI Jakarta menebang sekitar 190 pohon di Monas. Belakangan Pemprov DKI menyatakan ratusan pohon itu tidak ditebang, melainkan digeser.

[Gambas:Video CNN]

Menteri Sekretariat Negara Pratikno telah menyampaikan bakal menyurati Anies untuk menghentikan sementara proyek revitalisasi Monas. Pasalnya, Anies belum mengantongi izin untuk menjalankan proyek revitalisasi tersebut.

"Ya karena jelas ada prosedur yang belum dilalui, ya kita minta untuk disetop dulu. Kita surati aja," ujar Pratikno usai rapat bersama sejumlah kementerian di kantor Kemensetneg, Jakarta, Senin (27/1).

Buntut polemik tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya secara resmi menghentikan proyek revitalisasi Monas untuk sementara waktu, terhitung sejak Selasa (28/1). Keputusan ini diambil setelah peninjauan yang dilakukan DPRD DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sore ini ke lokasi proyek.

"Setelah rapat dan tadi kita koordinasikan dengan DPRD, ya sudah dihentikan sementara," kata Sekretaris DKI Jakarta Saefullah di Monas, Selasa (28/1), saat wawancara langsung dengan Kompas TV. (fey/ain)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK