Tiga Kurir Ditembak Mati, Sabu 288 Kg di Mobil Boks Diamankan

CNN Indonesia | Kamis, 30/01/2020 20:24 WIB
Penggagalan peredaran 288 kilogram sabu di Tangerang Selatan, sempat diwarnai baku tembak yang berujung tiga kurir sabu tewas diterjang timah panas. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polda Metro Jaya menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu 288 kilogram di Kampung Gunung Batu, Desa Cijantra, Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Polisi turut menembak tiga pelaku yang berperan sebagai kurir yakni GUN, AM, dan IA. Mereka tewas dalam perjalanan ke rumah sakit.

"Pengungkapan kasus narkotika jenis sabu sebesar 288 kilogram ya, ini hampir 300 kilogram, jadi kalau bisa dirupiahkan harga sabu per gram Rp3 juta, kalau dirupiahkan Rp864 miliar, suatu nilai uang sangat besar tentunya," tutur Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana di lokasi, Kamis (30/1).

Nana menuturkan pengungkapan tersebut bermula dari informasi masyarakat bahwa pada pukul 05.00  WIB akan ada mobil boks silver nopol B 9004 PHX yang membawa sabu.


Mobil itu rencananya bakal melintas lewat Jalan Tol Merak menuju Jakarta. Sabu dalam mobil tersebut, kata Nana, rencananya memang akan diedarkan di wilayah Jakarta.

Dari informasi itu, polisi lantas melakukan penyisiran di KM 23 Jalan Tol Jakarta Merak, di sekitar Lippo Karawaci. Hasilnya, pada pukul 14.00 WIB, polisi melihat ada sebuah mobil boks silver melintas dengan kecepatan tinggi. Pelat nomor mobil tersebut sesuai dengan laporan masyarkat.

Nana menjelaskan polisi kemudian melakukan pengejaran dan memerintahkan mobil tersebut menepi. Kendaraan itu justru memacu kecepatannya.

"Di KM 23 ini kemudian dipepet dan sempat senggolan dengan kendaraan anggota, kemudian mereka sampai ke TKP," ujar Nana.

[Gambas:Video CNN]
Mobil boks itu akhirnya berhenti setelah polisi melepaskan tembakan peringatan. Saat mobil berhenti, Nana menyebut tiga pelaku melakukan perlawanan dengan cara menembak petugas.

Petugas membalas tembakan itu dan tepat mengenai ketiganya. Dalam kondisi terluka ketiga pelaku sempat dibawa ke RS Polri Kramat Jati namun akhirnya meninggal dunia dalam perjalanan.

Polisi lantas membongkar muatan dalam mobil boks tersebut. Hasilnya, polisi menemukan 288 kilogram sabu yang terbungkus dalam kotak tupperware yang dimasukan dalam karung putih. Polisi juga turut menyita satu senjata api milik pelaku. (dis/wis)