Polisi Hentikan Kasus Kematian Lina Mantan Istri Sule

CNN Indonesia | Jumat, 31/01/2020 17:01 WIB
Polisi Hentikan Kasus Kematian Lina Mantan Istri Sule Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Saptono Erlangga. (CNN Indonesia/Huyogo)
Bandung, CNN Indonesia -- Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Saptono Erlangga menyatakan kasus dugaan kejanggalan kematian Lina Jubaedah, mantan istri komedian Sule, tak dilanjutkan.

"Kasus ini dihentikan," kata Saptono saat memberi keterangan hasil autopsi jenazah Lina, Jumat (31/1).
Penghentian kasus ini berdasarkan hasil autopsi jenazah Lina. Tim penyidik berdasarkan autopsi tidak menemukan tanda kekerasan pada jenazah Lina. Autopsi dilakukan sebagai tindak lanjut laporan anak Lina, Rizky Febian, pada awal Januari lalu yang menyebut ada dugaan kejanggalan dalam jenazah ibunya.

"Dari hasil visum didapat keterangan bahwa kondisi jenazah dalam keadaan membusuk. Kedua, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan," ujar Saptono.


Tim penyidik dalam analisis hasil autopsi juga memeriksa organ Lina. Hasilnya tim menemukan penyakit hipertensi kronis dan tukak lambung yang luas.

Sementara pemeriksaan pembuluh darah paru tidak ditemukan penyakit kronis. Pun dengan pembesaran otot jantung tidak ditemukan serangan jantung atau penyumbatan pembuluh darah jantung.

Sementara dari pemeriksaan toksikologi, tidak ditemukan zat beracun pada sampel jenazah Lina.

"Sebagai kesimpulan setelah dilakukan pemeriksaan autopsi dan laboratorium forensik dapat dijelaskan bahwa kematian saudara Lina Jubaedah bukan karena kekerasan ataupun racun di dalam tubuh," papar Saptono.

Dia menambahkan Lina meninggal dunia karena penyakit, yaitu penyakit hipertensi kronis, luka pada selaput lendir lambung, batu empedu pada saluran empedu dan pembesaran pada organ jantung.

Sebelumnya, autopsi jenazah Lina dilakukan atas laporan putranya buah pernikahan dengan Sule, Rizky Febian. Polisi laporan itu polisi kemudian melakukan autopsi terhadap jenazah mantan istri Sule yang telah dikebumikan.

[Gambas:Video CNN]
Makam jenazah Lina dibongkar pada 9 Januari, disaksikan oleh Rizky Febian dan suami mendiang Lina, Teddy Pardiana.

Kepala Satuan Reskrim Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Besar Galih Indragiri menyebut polisi juga telah memeriksa 11 saksi menindaklanjuti laporan Rizky Febian.

Sejumlah saksi tersebut di antaranya suami Lina, Teddy Pardiyana, putri Lina, Putri Delina, serta sejumlah warga yang turut memandikan jenazah usai meninggal pada Sabtu (4/1) lalu.

(hyg/wis)