Nikita Mirzani Jadi Tahanan Kota, Wajib Lapor 2 Kali Sepekan

CNN Indonesia | Senin, 03/02/2020 19:38 WIB
Nikita Mirzani Jadi Tahanan Kota, Wajib Lapor 2 Kali Sepekan Nikita Mirzani jadi tahanan kota. (Detikcom/Hanif Hawari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Artis yang juga tersangka kasus penganiayaan Nikita Mirzani resmi menyandang status sebagai tahanan kota.

Hal tersebut merupakan hasil pertimbangan dari Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan setelah kepolisian melimpahkan Nikita beserta barang buktinya ke kejaksaan, Senin (3/2) hari ini.

"Berdasarkan pertimbangan dari penuntut umum, yang bersangkutan tetap ditahan dalam bentuk penahan kota," kata Kepala Seksi Intelijen Kejari Jaksel Andi Ardhani saat dikonfirmasi, Senin (3/2).


Andi mengatakan, Nikita mengajukan permohonan untuk menjadi tahanan kota. Permohonan itu lantas diproses dan akhirnya dikabulkan.

Andi menyebut salah satu alasan permohonan itu dikabulkan lantaran Nikita merupakan orang tua tunggal (single parent).

"Pertimbangan kemanusiaan yang berangkutan single parent, ada anak yang masih membutuhkan ibunya. Itu subjektifnya," ujar Andi.

Dengan menjadi tahanan kota, kata Andi, Nikita boleh beraktivitas namun hanya di wilayah Jakarta saja. Selain itu, Nikita juga wajib lapor seminggu dua kali.

Sebelumnya, Nikita Mirzani dijemput paksa aparat Polres Metro Jakarta Selatan pada Jumat (31/1) dini hari di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Pasalnya, ia dua kali mangkir dari panggilan polisi terkait kasus dugaan penganiayaan yang dilakukannya kepada mantan suaminya, Dipo Latief.

[Gambas:Video CNN]


Kasus dugaan penganiayaan tersebut dilaporkan pada 5 Juli 2018 dengan nomor perkara LP/1189/VII/2018/PMJ/RJS/dengan Pasal 351/KUHP Jo. 335 KUHP.

Berkas perkara telah dinyatakan lengkap masuk tahap satu atau P21 pada Desember 2019.

Menurut Pengacara Nikita Mirzani, Fahcmi Bachmid, kliennya sakit tetapi tetap beraktivitas sehingga menimbulkan penafsiran berbeda.

"Ya mungkin dia kan sakit, itu menimbulkan penafsiran berbeda karena dia sakit pun dia beraktivitas," kata Fahcmi.

[Gambas:Instagram]

Dalam akun instagramnya, @nikitamirzanimawardi_17, Nikita mengucapkan terima kasih atas dikabulkannya permintaan tahanan kota.

"Terima kasih untuk bapak2 jaksa Di kejaksaan Jakarta selatan. Atas semua pertimbangan yang sudah di berikan untuk niki. Sampai akhir nya niki bisa ber kumpul dengan anak2 Dan semua keluarga beserta sahabat2 yg selalu mendukung niki," demikian dikutip dari akun instagram Nikita tersebut. (dis/sur)