42 Suspect Corona, 40 Negatif 2 Masih Pemeriksaan

CNN Indonesia | Rabu, 05/02/2020 19:20 WIB
42 Suspect Corona, 40 Negatif 2 Masih Pemeriksaan Kepala Biro Humas Kemenkes, Widyawati mengklaim 40 orang yang telah diperiksa negatif corona (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Kesehatan telah selesai memeriksa 42 orang yang sempat mengalami gejala-gejala mirip virus novel corona. Hasilnya, 40 orang bukan terinfeksi virus corona dan 2 orang masih menjalani pemeriksaan.

"Hingga kini di Indonesia belum ditemukan kasus terkonfirmasi corona virus. Dari 42 spesimen, hasilnya 40 spesimen hasilnya negatif, sedangkan 2 spesimen masih dalam pemeriksaan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati di Kantor Kemenkes, Rabu (5/2).

Widyawati mengatakan 42 orang itu diperiksa di 27 rumah sakit yang berada di 15 provinsi. Akan tetapi, dia enggan membeberkan nama rumah sakit dan provinsi yang dimaksud.


Widyawati lalu menjelaskan soal perkembangan virus corona. Dia merujuk pada data World Health Organization (WHO), telah ada 20.630 kasus virus corona di berbagai belahan dunia hingga 4 Februari.

Korban jiwa akibat virus tersebut sudah mencapai 425 jiwa.

"Selain di Cina, sebanyak 159 kasus dilaporkan di 23 negara lainnya. Dalam 24 jam terakhir, tidak ada penambahan negara baru yang melaporkannya. Di Asean ada 6 negara yang melaporkan terkonfirmasi Corona, Thailand, Vietnam, Malaysia Singapura, Kamboja, Filipina," jelas dia.
[Gambas:Video CNN]
Sejauh ini, pemerintah menyatakan belum ada orang yang positif terinfeksi virus corona di Indonesia. Meski ada gejala-gejala yang mirip, namun setelah diperiksa ternyata bukan virus corona.

Pemerintah juga telah menjemput 237 WNI dari Wuhan, China. Wuhan merupakan tempat kasus virus corona pertama kali ditemukan.

Ratusan WNI itu kini dikarantina di Natuna, Kepulauan Riau. Mereka akan dikarantina hingga 14 hari mendatang sejak Sabtu lalu (1/2).

Pemerintah mengklaim ratusan WNI yang dikarantina itu dalam kondisi sehat dan tak ada yang terinfeksi virus corona. Karenanya, pemerintah meminta warga Natuna tetap tenang dan tak perlu cemas tentang potensi penularan virus corona.
(yoa/bmw)