Kantor Staf Kepresidenan Jadi Pusat Informasi Soal Corona

CNN Indonesia | Kamis, 06/02/2020 18:02 WIB
Pemerintah memutuskan kantor Staf Kepresidenan sebagai pusat komunikasi dan informasi terkait virus corona. Pemerintah memutuskan kantor Staf Kepresidenan sebagai pusat komunikasi dan informasi terkait virus corona. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah memutuskan kantor Staf Kepresidenan sebagai pusat komunikasi dan informasi terkait virus corona. Sebagai pusat informasi, terdapat sejumlah perwakilan dari kementerian/lembaga lain yang ikut di dalamnya di antaranya yakni Kemenkes, Kemenpar, Kemenhub, dan Kemenkominfo.

"Kita sepakat tentukan di KSP ini sebagai tempat atau pusat informasi dan komunikasi atas dampak virus corona. Komposisinya nanti terdiri dari berbagai K/L yang informasinya dihimpun secara update," ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di kantor KSP, Kamis (6/2).

Moeldoko menuturkan, keberadaan KSP akan mengurangi pengulangan informasi soal virus corona di sejumlah kementerian. Sehingga segala informasi terkait virus asal China tersebut hanya berasal dari KSP.

Lebih lanjut, pembahasan terkait virus corona jug telah digelar di KSP. Salah satunya, kata Moeldoko tentang kegiatan ekspor impor di pelabuhan yang diklaim tidak mengalami penurunan. "Semua masih berjalan dengan baik," katanya.

[Gambas:Video CNN]


Selain itu, dibahas pula soal rencana pemberian diskon khusus untuk destinasi wisata ke Bali, Bintan, dan Sulawesi Utara. Serta yang terakhir adalah pembahasan terkait alat deteksi virus corona.

"Tadi ada profesor yang menyampaikan informasi tentang kemampuan Indonesia untuk mendeteksi jika terjadi sesuatu karena virus ini," ucap Moeldoko.

Sebelumnya, pemerintah telah menerapkan penundaan penerbangan dari dan ke China mulai Rabu (5/2) kemarin. Pemerintah juga mulai melarang impor hewan hidup asal negeri tirai bambu tersebut untuk mencegah semakin menyebarnya virus corona.




(psp/gil)