Sempat Tak Lolos Pemeriksaan, Kondisi 3 WNI di Hubei Sehat

CNN Indonesia | Jumat, 07/02/2020 04:49 WIB
Kemenkes menyebut tiga WNI yang saat hendak dievakuasi ke Indonesia tak lolos pemeriksaan karena demam dan flu, kini dalam kondisi sehat. Ilustrasi virus corona. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut tiga orang Warga Negara Indonesia (WNI) di Provinsi Hubei, China, yang sempat tidak lolos pemindaian atau screening kesehatan terkait penyebaran virus corona, saat ini dalam kondisi sehat.

"Sehat, sehat. Kemarin sudah diinfo. Sehat banget," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, Wiendra Waworuntu, di Kemenkes, Jakarta, Kamis (6/2).

Ketiga WNI tersebut tak lolos pemeriksaan saat hendak dievakuasi pulang ke Indonesia beberapa waktu lalu.


Wiendra menjelaskan dua dari tiga orang itu berprofesi sebagai dokter, sementara satu lainnya belum diketahui. Wiendra mengatakan ketiga orang itu tidak lolos pemeriksaan kesehatan beberapa waktu lalu karena mengalami flu dan demam.

"Dua itu dokter, dia cuma pilek demam," ujar dia.

[Gambas:Video CNN]
Meski dalam kondisi sehat, Wiendra tak bisa memastikan kapan mereka akan dipulangkan ke Indonesia. Menurutnya, Kementerian Luar Negeri yang lebih tahu dan paham untuk menjawab hal itu.

"Tanya ke Kemenlu saja," ungkapnya.

Setidaknya masih ada tujuh WNI di Provinsi Hubei, China. Tiga orang dinyatakan tak lolos pemeriksaan kesehatan saat hendak dievakuasi, sedangkan empat lainnya menolak untuk pulang ke Indonesia.

Kemenlu melalui KBRI di Beijing kemudian menginformasikan pihaknya telah mengirimkan uang sejumlah Rp130.280.000 bagi WNI yang ada di Hubei dan Wuhan. Uang tersebut digunakan untuk membeli pasokan pangan dan perlengkapan.

Keputusan mengirimkan uang dinilai efektif dan lebih cepat agar WNI dapat membeli kebutuhan yang diperlukan untuk bertahan selama daerah tersebut masih berstatus lumpuh atau lock down area. (ryn/osc)