Hadiri Pelantikan Pengurus PBB, Jokowi Terima Kasih ke Yusril

CNN Indonesia | Jumat, 07/02/2020 02:08 WIB
Hadiri Pelantikan Pengurus PBB, Jokowi Terima Kasih ke Yusril Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra yang mendukungnya di Pilpres 2019

"Saya ucapkan terima kasih kepada Prof Yusril dan PBB yang telah banyak berperan membantu kita selama ini. Kita harapkan juga ke depan tetap dibantu," ujar Jokowi dalam sambutan acara pelantikan pengurus DPP PBB di Hotel Aston, Jakarta, Kamis (6/2). 

Jokowi juga menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan pengurus DPP PBB. Ia menyakini PBB di bawah kepemimpinan Yusril akan selalu solid dan menjadi partai yang semakin besar. Diketahui, PBB dalam Pileg 2019 tak lolos ambang batas parlemen 4 persen.


Untuk itu, ia pun mengingatkan pentingnya menjaga soliditas partai. "Kalau tidak solid, energi akan habis untuk mengelola masalah internal," katanya.

Jokowi juga sempat memuji Yusril. Menurutnya Yusril tak hanya ahli di bidang hukum namun juga di bidang politik.

"Kita tahu semua Prof Yusril bukan saja ahli di bidang hukum. Bukan hanya menteri, pernah di menkumham, mensetneg, tapi juga tokoh politik yang berperan besar dalam perjalanan politik negara kita Indonesia," tutur Jokowi.

Menyikapi pujian Jokowi, Yusril menyatakan akan terus mendukung pemerintah meski PBB tak berhasil menempatkan wakil di DPR atau bahkan tak mendapat jabatan di pemerintahan.

"Walau partai ini tidak berhasil menempatkan wakilnya di DPR dan sampai saat ini belum ada wakil yang duduk di pemerintahan, PBB tetap mendukung pemerintahan di bawah kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf lima tahun ke depan," ucapnya.

Yusril menegaskan berada di dalam atau di luar pemerintahan tak menjadi masalah bagi PBB. Ia menekankan yang terpenting saat ini adalah PBB dapat berbuat untuk kemaslahatan bangsa dan negara.

"Yang penting bagi kami bisa menempatkan sebagai problem solver terhadap masalah krusial yang dihadapi. Kami tidak ingin menjadi trouble maker, pembuat beban," katanya.

[Gambas:Video CNN]
Yusril juga menyampaikan apresiasi terhadap langkah Jokowi yang dinilai tegas mengatasi ancaman wabah virus corona. Ia menilai langkah Jokowi menerapkan sejumlah larangan sudah tepat meski memiliki risiko politik cukup besar.

"PBB mendukung langkah tegas yang diambil Pak Presiden Joko Widodo dengan memulangkan WNI dari Wuhan, melarang penerbangan dari dan ke China, hingga mencabut bebas visa yang kita sadari punya risiko politik besar," tuturnya. (psp/wis)


ARTIKEL TERKAIT