Ratusan Rumah di Manggarai Terendam Banjir Hingga Satu Meter

yoa, CNN Indonesia | Sabtu, 08/02/2020 09:26 WIB
Sekitar 130 rumah di daerah Manggarai terendam banjir satu meter. Sekitar 130 rumah di RT.01 RW.04, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan terendam banjir akibat hujan yang mengguyur wilayah Jakarta sejak Jumat (7/2). (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekitar 130 rumah di RT 01 RW 04, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan terendam banjir akibat hujan yang mengguyur wilayah Jakarta sejak Jumat (7/2). Ketinggian air yang merendam rumah warga berkisar 0,5-1 meter.

Pantauan CNNIndonesia.com, warga mulai memindahkan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi, beberapa warga juga terlihat memindahkan barang ke pinggir Jalan Manggarai Utara 2, petugas PPSU dan warga pun terlihat mendirikan tenda untuk mengungsi di trotoar jalan.

Ketua RT 01 RW 04, Ramlan mengatakan ketinggian air sudah mulai naik sejak pukul 00.00 WIB. Warga pun sudah siaga sejak malam.


"Kita lihat informasi di grup, Katulampa siaga 3, jadi warga sudah bersiap, ada yang memindahkan barang dari tadi malam, ada yang baru sejak subuh," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (8/2).

Ia mengatakan, banjir yang merendam rumah warga saat ini, belum separah banjir yang melanda saat tahun baru lalu. Meski begitu, beberapa tempat sudah disiapkan untuk mengungsi warga jika diperlukan.

"Bisa di tenda, rumah-rumah warga yang tidak terendam, dan ada gudang juga," ucap dia.

Ia mengatakan, wilayah tersebut memang kerap dilanda banjir jika terjadi hujan deras beberapa hari, oleh karenanya, warga selalu mengikuti informasi tentang ketinggian air di pintu-pintu air jika terjadi hujan deras di wilayah Jakarta.

"Biasanya kalau seperti ini warga paling membutuhkan bantuan logistik dan obat-obatan," kata dia.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan akan mengguyur Jakarta sepanjang hari dengan intensi hujan yang beragam, Sabtu (8/2). Berdasarkan perkiraan cuaca BMKG, pagi hari dengan intensi hujan sedang akan melanda seluruh wilayah di Jakarta termasuk Kepulauan Seribu.

Sementara siang hingga dini hari, hujan dengan intensi ringan diprediksi akan melanda sebagian wilayah Jakarta.


(age)