Lima Titik Banjir Jakarta Selatan, Warga Sudah Mengungsi

CNN Indonesia | Sabtu, 08/02/2020 11:40 WIB
Lima Titik Banjir Jakarta Selatan, Warga Sudah Mengungsi Sekitar 130 rumah di RT.01 RW.04, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan terendam banjir akibat hujan yang mengguyur wilayah Jakarta sejak Jumat (7/2). (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lima titik di Jakarta Selatan tergenang banjir usai hujan yang mengguyur sejak malam hingga Sabtu pagi, (8/2). Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali lima titik tersebut yakni Tanjung Barat, Pejaten Timur, Pengadegan, Rawa Jati dan Manggarai.

Menurut Marullah, wilayah Tanjung Barat dan Pejaten Timur banjir diperkirakan mencapai 1 meter dan mulai surut. Meskipun masih ada genangan air setinggi 30 sentimeter.

Sedangkan daerah Pengadegan dan Rawa Jati yang secara geografis letaknya berada di bawah, mengalami kenaikan air.


"Tanjung Barat dan Pejaten sampai 1 meter, trennya sudah mulai surut sekarang 30 cm, tapi di daerah bawah, Pengadegan dan Rawa Jati trennya naik karena itu daerahnya di bawah kan, di Manggarai sedikit ada menggenang sedikit," ujarnya.

Marullah mengatakan sebagian warga sudah mengungsi di mushola setempat, ia juga menambahkan warganya sudah cepat tanggap mengatasi banjir.

"Sebagian ngungsi di mushola setempat, ya warga di sini sudah pernah menghadapi banjir, jadi tahu hal-hal yang mesti dilakukan," tambahnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya memperkirakan hujan akan mengguyur Jakarta sepanjang hari dengan intensi hujan yang beragam, Sabtu (8/2). Berdasarkan perkiraan cuaca BMKG, pagi hari dengan intensi hujan sedang akan melanda seluruh wilayah di Jakarta termasuk Kepulauan Seribu.

Sementara siang hingga dini hari, hujan dengan intensi ringan diprediksi akan melanda sebagian wilayah Jakarta. (mln/age)