Hujan Ganggu Perjalanan KRL dari Bogor, Bekasi, dan Kota

CNN Indonesia | Sabtu, 08/02/2020 12:50 WIB
Hujan yang mengguyur Jakarta sejak kemarin berdampak pada perjalanan KRL pada Sabtu (8/2), Stasiun Kampung Bandan sempat mengalami tergenang air. Salah satu rangkaian KRL Commuterline melintas perlahan pada jalur rel yang terendam banjir di Stasiun KA Sudirman, Menteng, Jakarta, Rabu (1/1/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hujan yang terus mengguyur Jakarta sejak kemarin berdampak pada pelayanan kereta rel listrik (KRL) pada Sabtu (8/2). Berdasarkan akun twitter resmi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), terdapat stasiun yang tergenang dan diterapkan berbagai peralihan rute. 


Stasiun Kampung Bandan dijelaskan tergenang air sehingga kereta mengalami keterlambatan.

"Genangan air di Stasiun Kampung Bandan sehingga perjalanan KA mengalami pergantian keluar/masuk stasiun menunggu aman untuk melintas," kicau KCI pada pukul 5.58 WIB.






Lantas pada pukul 6.34 WIB, KCI menginformasikan perjalanan kereta dari arah Bogor dan Depok ke Jakarta Kota berakhir di Stasiun Manggarai. Kemudian kereta itu melakukan perjalanan kembali ke arah Bogor.

Penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke Stasiun Kota diimbau naik KA 1061 (Depok-Jakarta Kota) yang berangkat dari Stasiun Tebet.



Bukan hanya perjalanan dari Bogor yang terganggu, tetapi pergerakan kereta dari Bekasi juga kena dampak. Pada pukul 6.49 WIB dikicaukan, KA 1323 Bekasi-Jakarta Kota disebut hanya melayani sampai Stasiun Gondangdia kemudian kembali sebagai KA 1324 Gondangdia-Cikarang.

Penumpang yang ingin menuju ke Stasiun Jakarta Kota dipersilakan naik KA 1325 Bekasi-Jakarta Kota yang berangkat dari Stasiun Cikini.



Pada 8.36 WIB diinformasikan perjalanan kereta dari Jakarta Kota menuju Tanjung Priok dibatalkan. Alasannya untuk mengurangi kepadatan di lintas Jakarta Kota-Tanjung Priok.


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi hujan bakal terjadi di Jakarta sepanjang hari. Akun resmi TMC Polda Metro Jaya di Twitter juga sudah mengumumkan titik banjir di Jakarta pada Sabtu (8/2) pagi. Berikut lokasinya:

- Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat sekitar 40-60 cm. Sementara lalu lintas dialihkan.
- Underpass Kemayoran, Jakarta Pusat. Sementara tidak bisa dilintasi semua jenis kendaraan bermotor.
- KBN Cakung. Kendaraan bermotor diimbau tidak melintas.
- Kelapa Gading, di depan Mall Kelapa Gading air mulai tinggi. Namun, masih terlihat motor yang nekat melintas.
- Kawasan Pulo Gadung, pintu TU Gas ada genangan sekitar 20 cm. Kendaraan masih bisa melintas.
- Bungur, Jakarta Pusat.
- Gang Seruni, Condet Raya, Jakarta Timur. Banjir sekitar 200-250 cm.
- Jalan RE Martadinata, kedua arah hanya bisa dilintasi kendaraan besar.
- Kolong Semanggi, tergenang sekitar 20 cm.
- Depan Terminal Bus Tanjung Priok, Jakarta Utara. Banjir 30-40 cm.

(mln/fea)