BMKG: Jakarta Masih Berpotensi Banjir Hingga Senin

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 08/02/2020 19:28 WIB
BMKG: Jakarta Masih Berpotensi Banjir Hingga Senin Ilustrasi hujan. (Istockphoto/Yury Karamanenko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan wilayah Jakarta dan sekitarnya masih berpotensi banjir hingga dua hari ke depan atau hingga Senin (10/2).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan meskipun curah hujan di wilayah Jakarta dua hari ke depan diprediksi ringan hingga sedang, namun wilayah Jawa Barat diprediksi terjadi hujan dengan intensitas lebat.

"Kejadian tadi pagi, curah hujan di Jakarta tinggi, di hulu juga tinggi. Dalam beberapa hari ke depan, ada potensi Jawa Barat terjadi hujan intensitas lebat, meski pun Jakarta berkurang, tapi wilayah hulunya lebat, ini yang perlu kita antisipasi," kata Mulyono di Kantor BMKG, Sabtu (8/2).


[Gambas:Video CNN]

Ia menjelaskan sejak Sabtu pukul 01.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB, tercatat curah hujan tertinggi di wilayah Pulo Mas, Jakarta Utara, yaitu 244 mm/hari. Curah hujan ini masih lebih rendah dari curah hujan yang turun saat banjir melanda wilayah Jakarta awal tahun lalu.

"Hari ini ada sekitar 15 titik di Jabodetabek yang memiliki curah hujan diatas 100 mm dalam 24 jam. Sehingga pagi dan siang hari tadi dilaporkan beberapa wilayah banjir," kata dia.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawa menambahkan pada 8-13  Februari, wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat adalah Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan," kata dia. (yoa/stu)