DPP PAN Soal Gibran di Pilkada Solo: Kita Utamakan Kader

CNN Indonesia | Minggu, 09/02/2020 07:04 WIB
DPP PAN Soal Gibran di Pilkada Solo: Kita Utamakan Kader Politikus PAN Saleh Daulay menyebut pihaknya akan mendukung calon yang seideologi. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) menyebut lebih mengutamakan kader internal dalam Pilkada Solo 2020.

Hal itu dikatakan terkait kemungkinan dukungan bagi putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dalam Pilkada 2020 di Solo.

Wakil Sekretaris Jenderal PAN Saleh Daulay mengatakan partainya belum memutuskan hal itu hingga usai Kongres ke-5 PAN di Kendari pada 13 Februari.

"Ya tentu kalau ada kader PAN, ya kita utamakan kader PAN," kata Saleh di Kantor DPP PAN, Sabtu (8/2).

Soal membuka kemungkinan mendukung Gibran, PAN masih mempelajarinya. Hal itu dilakukan untuk menyamakan persepsi partai dengan calon yang akan didukung.

[Gambas:Video CNN]
Saleh juga mengaku DPP PAN hingga kini pihaknya belum membuka komunikasi secara langsung dengan Gibran. Namun, kata Saleh, PAN tetap senang jika ada calon yang minta dukungan.

"Sama dengan di Medan. Boby Nasution (menantu Jokowi) kan juga mendaftar, ya tentu kita pelajari juga. Jika kemungkinannya sama ada kesamaan visi misi, ada kesamaan arus pemikiran dan perjuangan ya tidak ada masalah," katanya.

Saleh menyebut beberapa kriteria calon yang akan didukung pada prinsipnya harus selaras dengan ideologi PAN. Misalnya, seorang calon bisa membumikan akhlak dan moral agama, serta memperjuangkan aspirasi umat dan rakyat.

"Kalau kita kan jelas, bela umat, bela rakyat. Jadi tag kita itu jelas," kata Saleh.

Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo sebelumnya mengklaim mengantongi dukungan dari PAN untuk maju dalam Pilkada Solo. Klaim disampaikan saat ia disebut-sebut bersaing dengan Gibran untuk mendapatkan rekomendasi 'nyalon' dari PDIP.




(thr/arh)