Isu Sabotase Pidato Amien Rais Muncul di Kongres PAN

CNN Indonesia | Senin, 10/02/2020 19:33 WIB
Isu Sabotase Pidato Amien Rais Muncul di Kongres PAN Kericuhan pecah di arena Kongres ke-V Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Kendari, CNN Indonesia -- Isu Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas menyabotase susunan acara yang menjadwalkan pemberian sambutan dari Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien muncul jelang pembukaan Kongres ke-V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Belum ada tanggapan dari Zulhas tentang tudingan sabotase jadwal acara kongres tersebut.

Politikus PAN Eneng Humaeroh mengatakan bahwa Zulhas telah mengubah susunan acara dalam pembukaan Kongres ke-V PAN yakni dengan mengganti jadwal pemberian sambutan dari Amien dan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Soetrisno Bachir menjadi sambutan dari Ketua DPW PAN Sultra Abdurrahman Shaleh, Gubernur Sultra Ali Mazi, serta arahan dari Zulhas.


"Rundown sabotase kongres pada hari pertama pembukaan menghilangkan sambutan Ketua MPP dan Ketua Dewan Kehormatan dan menggantinya dengan sambutan Ketua DPW Sultra, sambutan Gubernur Sultra dan sambutan dan pengarahan Ketua Umum," kata Eneng lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Senin (10/2).
Dia menilai sabotase ini menunjukkan bahwa Zulhas menghilangkan peran Amien sebagai pendiri partai sekaligus mantan ketua umum.

"ZH (Zulhas) jelas berkehendak menghilangkan peran Dewan Kehormatan sekaligus pendiri partai, Amien Rais serta tidak mengakui ketua umum sebelumnya," tuturnya.

[Gambas:Video CNN]


Terpisah, Sekretaris Panitia Pengarah Kongres ke-V PAN Yahdil Harahap membantah isu tersebut. Ia menyatakan belum ada perubahan susunan acara pembukaan Kongres ke-V PAN.

"Saya rasa belum ada perubahan rundown acara pembukaan," kata Yahdil.

Berdasarkan susunan acara yang diterima CNNIndonesia.com, Kongres ke-V PAN akan dibuka di Lapangan MTQ pada pukul 19.00 WITA. Dalam agenda tersebut, Amien dijadwalkan memberikan sambutan setelah Zulhas.

Namun, acara belum berlangsung hingga berita ini diturunkan dan Panitia Pengarah Kongres ke-V PAN terlihat masih menggelar rapat di Hotel Claro.
(mts/ugo)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA