Gerindra Akui Prabowo Dukung Gibran karena Faktor Koalisi

CNN Indonesia | Selasa, 11/02/2020 15:27 WIB
Gerindra Akui Prabowo Dukung Gibran karena Faktor Koalisi Bakal Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta, Senin (10/2/2020). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkap alasan Ketua Umum Partai Gerindra merestui dukungan terhadap Gibran Rakabuming Raka di pemilihan wali kota Solo pada Pilkada Serentak 2020.

Dasco mengatakan dukungan itu diberikan tidak terlepas dari posisi politik Gerindra. Partai besutan Prabowo itu diketahui berada dalam koalisi pendukung Presiden Joko Widodo, sekaligus ayah kandung Gibran. Prabowo menjabat sebagai menteri pertahanan di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Ya kalau soal dukung-mendukung ya kami juga sudah ada arahan untuk mendukung [Gibran]," kata Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/2).


"Koalisi kali," lanjutnya saat ditanyai alasan Prabowo mendukung Gibran.
Gerindra Akui Prabowo Dukung Gibran karena Faktor KoalisiWakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)

Saat ini, kata Dasco, Gibran menjadi calon terkuat di internal Gerindra untuk Pilwalkot Solo. Namun demikian, sambung Dasco, Gerindra masih melihat dinamika politik yang ada di daerah sebelum menentukan langkah selanjutnya.

Dasco mengatakan Partai Gerindra sedang menggodok pendapat dari DPC Solo dan DPD Jawa Tengah terkait pencalonan tersebut. Hal itu dilakukan guna mematangkan langkah Gerindra, termasuk menjalin koalisi dengan PDIP di Solo.

"Nanti itu kewenangan sepenuhnya di Badan Seleksi untuk menentukan koalisi dengan siapa," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua DPC Partai Gerindra Surakarta, Ardianto Kuswinarno menyatakan dukungan terhadap Gibran di Pilwalkot Solo. Ardianto mengklaim telah ada pembahasan antara Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jawa Tengah Abdul Wachid dengan Prabowo soal Gibran saat acara HUT Gerindra, beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]

"Ketua (DPD) kami diundang Pak Prabowo ke kediaman beliau di Kertanegara (Jakarta Selatan). Pak Ketua menyampaikan Solo cenderung ke Gibran," ujar Ardianto dalam jumpa pers, Solo, Jumat (7/2).

Tiga calon kandidat Pilwalkot Solo, Gibran Rakabuming Raka, Teguh Santosa dan Ahmad Purnomo diketahui telah menghadiri agenda fit and proper test di DPP PDIP Jakarta, Senin (10/2).

Namun PDIP sejauh ini belum memutuskan apakah akan mengusung Gibran atau kandidat lainnya. Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto menyatakan partainya baru akan mengeluarkan seluruh rekomendasi calon kepala daerah pada 23 Maret 2020.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan Kota Solo merupakan wilayah penting dan strategis yang dimiliki oleh PDIP di Pulau Jawa dan Indonesia secara keseluruhan.

"Karena proses kepemimpinan Pak Jokowi juga berasal dari Solo. Dan di situ merupakan die hard-nya Banteng di Jawa Tengah dan Indonesia," kata Hasto.

Hasto menyatakan proses untuk mencari pemimpin di 'Kota Batik' itu harus dilakukan sebaik-baiknya sesuai mekanisme partai. Oleh karena itu, proses uji kelayakan dan kepatutan bagi calon kepala daerah Solo harus dilakukan oleh PDIP sesuai arahan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.
(dhf/ain)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA