Jadwal 45 KRL Bogor dan Bekasi yang Cuma Sampai Manggarai

CNN Indonesia | Kamis, 13/02/2020 09:50 WIB
Jadwal 45 KRL Bogor dan Bekasi yang Cuma Sampai Manggarai Suasana di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai melakukan rekayasa perjalanan KRL Bogor dan Bekasi menuju Stasiun Jakarta Kota jadi cuma sampai Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, saja.

Namun, dari 281 total perjalanan KRL Depok/Bogor dan Cikarang/Bekasi tujuan Jakarta Kota, hanya 45 yang sampai Manggarai.

Juru Bicara PT KCI Anne Purba mengatakan rekayasa itu dilakukan karena ada peningkatan prasarana penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota.


Rekayasa perjalanan KRL itu sendiri dijadwalkan berlangsung 11 hari, mulai hari ini hingga 23 Februari 2020.

"Yang perlu diluruskan dari media, tidak semua perjalanan hanya sampai Manggarai," kata Anne saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (13/2).

Di luar relasi tersebut, PT KCI menyatakan operasional perjalanan KRL di lintas lainnya akan tetap berlangsung normal sebagaimana biasanya.

Misalnya kereta rute Bekasi-Jakarta Kita bernomor 1325 yang berangkat pukul 05.52 hanya akan sampai di Manggarai. Begitu juga KRL nomor 1326 yang berangkat dari Jakarta Kota ke Bekasi pukul 07.04 rute Jakarta Kota-Bekasi hanya akan melayani perjalanan dari Manggarai ke Bekasi.

Begitu pulu perjalanan KRL nomor 1059 jurusa Bogor-Jakarta Kota berangkat pukul 05.22 hanya akan melayani sampai Manggarai.

Sementara perjalanan kereta yang dibatalkan adalah perjalanan KRL nomor 1348 rute Jakarta Kota-Manggarai yang berangkat pukul 09.29.

Adapun jadwal lengkap 45 perjalanan KRL Bogor dan Depok yang sampai Stasiun Manggarai 13-23 Februari 2020, dan satu yang dibatalkan seperti dikutip dari situs krl.co.id adalah:

(www.krl.co.id)
Sebagai bentuk antisipasi rekayasa 45 KRL Bogor Bekasi hanya sampai Manggarai, PT KCI berkoordinasi dengan PT Transjakarta untuk menambah armada di Stasiun Manggarai.

PT Transjakarta menyatakan selama masa peningkatan prasarana kereta tersebut pihaknya bakal menambah hingga 20 armada bus.

[Gambas:Video CNN]
"Penambahan jumlah armada ini akan diberlakukan pada jam sibuk sehingga headway atau masa tunggu menjangkau frekuensi per 5 menit interval kedatangan," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo dalam keterangannya kemarin.

Jam sibuk yang dimaksudkan Nadia adalah pukul 06.00-09.00 WIB dan pukul 17.00-20.00 WIB.

(kid)