Berkas Ubah Gender Lengkap, Lucinta Dipindah ke Sel Wanita

CNN Indonesia | Kamis, 13/02/2020 11:22 WIB
Berkas Ubah Gender Lengkap, Lucinta Dipindah ke Sel Wanita Lucinta Luna bakal ditempatkan di ruangan tahanan wanita Polda Metro Jaya usai ditahan di sel khusus karena ada data jenis kelamin yang berbeda di dua kartu identitas (CNN Indonesia/Michael Josua Stefanus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Artis Lucinta Luna bakal ditempatkan di ruang tahanan wanita khusus wanita Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan kepemilikan psikotropika. Dia akan dipindahkan dari ruangan khusus yang ditempatinya saat ini.

"Kami tempatkan di sel wanita walaupun sekarang di sel khusus (Polda Metro Jaya) dulu sementara pemeriksaan masih berlanjut," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Yusri di Mapolres Jakarta Barat, Kamis (13/2).

Mulanya, kepolisian tidak langsung menempatkan Lucinta Luna di ruang tahanan wanita. Lucinta ditempatkan di ruangan khusus di blok wanita.


Polisi mengambil langkah itu karena Lucinta Luna tercatat memiliki dua jenis kelamin di dua kartu identitas yang berbeda. Di KTP, Lucinta wanita sementara di paspor dia berjenis kelamin pria dengan nama Muhammad Fatah.

Namun, kini polisi telah memperoleh berkas putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Desember 2019 lalu. Berkas itu memuat pergantian jenis kelamin Lucinta Luna dari pria menjadi perempuan.

Yusri mengatakan salinan dokumen putusan baru diterima dari pengacara tersangka Rabu malam (12/2). Karenanya, pemindahan Lucinta dari ruangan khusus ke ruang tahanan wanita baru dilakukan hari ini.

"Ini yang kami anggap sah baru (sebelumnya), kami dapat melalui kiriman medsos yang ada," jelas Yusri.
[Gambas:Video CNN]
Lucinta ditangkap bersama tiga orang lainnya di apartemen Thamrin City, Jakarta. Namun tiga orang yang semula diamankan itu dilepas karena hasil tes urine negatif.

Yusri menyebut Lucinta mengaku sudah lima bulan menggunakan narkoba. Kepada polisi, Lucinta juga mengaku menggunakan narkoba untuk menghilangkan depresi.

Kepolisian lalu memutuskan untuk menahan Lucinta hingga 20 hari ke depan. Dalam perkara ini, Lucinta Luna dijerat dengan pasal 62 Jo 71 Undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang Psikotropika. Ia terancam hukuman penjara 4 tahun.

"(Ditahan) 20 hari, tahap pertama. Kemudian jika diperpanjang bisa 40 hari," kata Direktur Tahanan dan Tahan Bukti (Dirtahti) AKBP Barnabas di Polda Metro Jaya, Rabu (12/2).
(mjo/bmw)