Kronologi Kecelakaan Beruntun di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 14/02/2020 10:49 WIB
Kronologi Kecelakaan Beruntun di Tol Layang Jakarta-Cikampek Ilustrasi kecelakaan beruntun. (Istockphoto/ FinestWorks)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kecelakaan beruntun terjadi di ruas Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) pada Jumat (14/2) sekitar pukul 06.19 WIB.

Sedikitnya lima kendaraan terlibat dalam kecelakaan tersebut, yakni Honda Civic B 1660 CBB, Honda Freed B 2535 SMD, Mitsubishi Xpander B 2792 SIY, Daihatsu B 1529 KIO, Honda CRV B 1059 CJF.

Kepala Induk PJR Jalan Tol Jakarta-Cikampek-Elevated Korlantas Polri AKP Stanley Soselisa mengatakan penyebab kecelakaan diduga karena pengemudi kurang mengantisipasi atau menjaga jarak aman dengan kendaraan lainnya.


"Kurang antisipasi jaga jarak aman," kata Stanley dalam keterangannya, Jumat (14/2).

Stanley menjelaskan kecelakaan bermula saat kendaraan melintas dari arah Jakarta menuju Cikampek.

Kronologi Kecelakaan Beruntun di Tol Layang Jakarta-CikampekTol Layang Jakarta-Cikampek. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)
Dari keterangan pengemudi Honda Civic, kata Stanley, yang bersangkutan mengurangi kecepatan kendaraannya karena kendaraan Honda Freed yang berada di depannya juga mengurangi kecepatan.

"Datang kendaraan ketiga (Mitsubishi Xpander) kurang menjaga jarak dan kendaraan keempat (Daihatsu) menabrak kendaraan di depannya dan seterusnya," tuturnya.

Stanley mengatakan tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun kecelakaan tersebut menimbulkan kerugian materi berupa kerusakan kendaraan.

"Korban nihil," ucap Stanley.



Sebelumnya, akun twitter @TMCPoldaMetro juga mengunggah informasi tentang kecelakaan beruntun tersebut.

Dalam rekaman video yang diunggah, terlihat ada lima kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan. Selain itu, juga tampak dua mobil derek milik PT Jasamarga untuk penanggulangan.

"07.00 ada kecelakaan beruntun di Tol Layang Jakarta-Cikampek KM22 arah Cikampek. Sudah dalam penanganan Polri," demikian dikutip dari kicauan akun twitter @TMCPoldaMetro.

[Gambas:Video CNN] (dis/pmg)