Wiranto: WHO Nilai Indonesia Bersikap Tepat Menangani Corona

CNN Indonesia | Selasa, 18/02/2020 01:48 WIB
Ketua Wantimpres Wiranto mengaku sudah bertemu dengan perwakilan World Health Organization (WHO) PBB secara langsung. Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto mengklaim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memastikan bahwa pemerintah Indonesia melakukan langkah tepat dalam mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19.

Hal itu disampaikan Wiranto usai bertemu Senior Advisor WHO South East Asia Regional Office Prof Tjandra Yoga Aditama dan Perwakilan WHO untuk Indonesia Dr. N. Paranietharan, di Kantor Wantimpres, Jakarta, Senin (17/2).

"WHO pun dari awal sudah menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia itu sudah tepat dan cepat sehingga berhasil menangani penyebaran virus corona di Indonesia," kata Wiranto.


Wiranto memastikan sampai saat ini belum ada masyarakat Indonesia yang terjangkit atau tertular virus corona. Ia menyebut data ini berdasarkan hasil pemeriksaan secara mendalam oleh petugas kesehatan dan bukan hanya asal bicara.
"Memang banyak pihak yang menyangsikan bahwa kami (pemerintah), apa benar si kita zero. Tadi dalam pertemuan sudah terjawab, memang kesangsian itu dapat terhapus tatkala dirunut bahwa pemerintah Indonesia dengan cepat dan tepat telah bisa menangani ini dengan baik," ujarnya.

Mantan Panglima ABRI (kini TNI) itu menyebut pemerintah telah menetapkan status siaga darurat dalam menghadapi virus corona yang menyebar dari Wuhan, Provinsi Hubei, China. Pemerintah, kata Wiranto, mengajak masyarakat untuk ikut bersama menangani penyebaran virus tersebut.

"Jangan sampai virus itu kemudian bisa masuk, bisa menyebar sampai kemudian kita tanggap darurat. Kita hindari tanggap darurat," tuturnya.

"Jadi intinya mengimbau masyarakat berpartisipasi untuk menjaga agar Indonesia bisa terbebas dari virus ini dalam kondisi siaga darurat tidak meningkat kepada tanggap darurat," kata Wiranto menambahkan.

Perwakilan WHO untuk Indonesia Dr. N. Paranietharan menyatakan pemerintah Indonesia sudah siap mencegah penyebaran virus corona.

[Gambas:Video CNN]

Ia menyebut akan melakukan pengecekan ganda terhadap berbagai tahap pencegahan virus corona di Indonesia, mulai dari rumah sakit dan laboratorium yang ada.

"Jadi semua bagian dilakukan pengecekan ganda untuk memastikan bahwa Indonesia benar-benar siap," ujarnya.

Paranietharan menyatakan pemerintah RI sangat memberi perhatian terhadap masalah kesehatan dan memperbaiki kualitas kesehatan. Ia pun mengapresiasi langkah pemerintah Indonesia dalam menghadapi penyebaran virus corona

"Saya juga terkesan dengan political will dari pemerintah ketika menghadapi kejadian luar biasa ini, sebagaimana yang saya lihat dalam dua tahun terakhir," katanya.

Sebelumnya, korban meninggal akibat virus corona di seluruh dunia hingga pagi tadi telah menyentuh angka 1.770. Korban terbanyak merupakan penduduk Wuhan, China yang menjadi sumber penyebaran virus corona pertama kali pada Desember 2019.

Virus corona telah menginfeksi 71.204 orang di seluruh dunia. Virus tersebut menyebar hampir ke 30 negara dengan lima orang meninggal, yakni di Taiwan, Prancis, Hong Kong, Filipina, dan Jepang. (fra/ain)