Longsor Terjang Ciawi Bogor, 4 Warga Tewas

CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 14:24 WIB
Longsor Terjang Ciawi Bogor, 4 Warga Tewas Ilustrasi longsor. (Adeng Bustomi)
Bandung, CNN Indonesia -- Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan longsor di Kampung Cibolang, Desa Banjarwangi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Kamis (20/2). Bencana alam ini mengakibatkan empat orang meninggal dunia karena tertimbun longsor.

Manajer Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Budi Budiman Wahyu mengatakan longsor di RT 01/01, Kampung Cibolang, Desa Banjarwangi, itu terjadi pada pukul 03.00 WIB.

"Kejadian longsor ini diakibatkan akibat hujan dengan intensitas tinggi sehingga mengakibatkan dinding bagian kamar rumah jebol dan menimbun korban yang sedang tertidur," kata dia, dalam keterangannya, Kamis (20/2).


"Korban meninggal dunia sudah dibawa ke Rumah Sakit Ciawi untuk dilakukan autopsi dan sudah dibawa oleh pihak keluarga untuk disemayamkan," ujar Budi.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), empat korban itu merupakan satu keluarga yang tinggal dalam satu rumah.

[Gambas:Video CNN]

Mereka adalah Abas Abdul Latif (45) yang merupakan kepala keluarga, Ela Latifah (35) yang merupakan istri, serta kedua anak; Easa Baskilah (6), dan Ean (4).

"Penghuni rumah 4 orang ditemukan warga sudah dalam kondisi meninggal," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi BNPB Agus Wibowo.

BPBD Jawa Barat pun melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bogor melakukan kaji cepat ke lokasi kejadian dan mengevakuasi korban.

Selain itu, TNI, Polri, Damkar, Satpol PP, Aparat desa dan masyarakat sudah turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi dan pendataan.

(hyg/arh)