Surya Paloh: NasDem Dukung Bobby Nasution di Pilkada Medan

CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 16:47 WIB
NasDem akan mengusung menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution di Pilkada Medan. Berdasarkan survei NasDem, Bobby berada di peringkat atas. Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- NasDem menyatakan dukungan kepada menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Afif Nasution untuk bertarung dalam Pilkada Kota Medan. Berdasarkan survei yang diadakan NasDem, Bobby dinilai memiliki rekam jejak terbaik.

"Untuk Bobby cukup jelas, NasDem memberikan dukungan sepenuhnya," kata Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh usai meresmikan Kantor DPW NasDem Sumut di Medan, Kamis (20/2/2020).

Surya Paloh menyebutkan hasil survei menunjukkan elektabilitas dan kapabilitas Bobby Nasution baik sekali. Bobby juga dinilai menonjol dibandingkan sosok lainnya. Surya bahkan memuji suami dari Kahiyang Ayu itu sebagai calon yang terbaik untuk diusung NasDem.


"Mungkin kompetitornya belum terlalu menonjol menurut saya. Saya lihat sampai saat ini, saya tidak tahu perkembangan ke depan seperti apa. Kalau menurut saya sampai saat ini memang Bobby yang terbaik," jelasnya. 


Mengenai petahana yang mendaftar di NasDem untuk maju Pilkada Medan, menurut Surya, berdasarkan survei yang ada, nama Bobby Nasution tetap berada di peringkat paling atas.

"Kita bisa mengambil parameter berdasarkan survei-survei keadaan," katanya.

Ketika disinggung soal sosok Prananda Paloh apakah akan diusung pada Pilkada, Surya tak berkomentar banyak.

"Prananda? tanya saja sama Prananda jangan sama bapaknya," katanya.

Tapi, menurut dia, Prananda belum berpikir untuk maju di Pilkada.

"Sesuai dengan apa yang dia pikirkan, dia nyatakan, dia ingin belajar lebih jauh, mungkin dua atau tiga kali pemilu ke depan," katanya.

[Gambas:Video CNN]


Surya menambahkan peminat yang mendaftarkan diri ke NasDem untuk maju Pilkada Serentak di kabupaten/kota cukup tinggi. Namun, kata dia, NasDem tetap melakukan penjaringan serta meneliti sosok yang akan diusung.

"Saya pikir mereka (DPW) sudah menerangkan kepada saya mengenai kesiapan mereka soal Pilkada Serentak. Jadi berdasarkan mekanisme untuk meneliti dan akhirnya mengambil suatu keputusan bahwa mereka (DPW) merekomendasikan kepada DPP nanti," ujarnya.

Penelitian terhadap sosok yang akan diusung maju Pilkada menurut Surya sangat penting. Terutama untuk mengetahui tingkat elektabilitas dan kapabilitasnya. Karena itu tim penjaringan secepatnya akan membeberkan nama-nama yang akan diusung untuk Pilkada di kabupaten/kota.


"Ini menjadi perhatian. Jadi itulah kenapa jadi referensi pada Pilkada sebelumnya bahwa tiga kali diikuti NasDem berada di ranking cukup di atas," katanya.
(fnr/ugo)